Penggunaan Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Saat musim panas tiba, perlindungan kulit dari bahaya sinar matahari menjadi suatu keharusan. Paparan sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, mulai dari kusam hingga risiko kanker kulit.

Salah satu alat pertahanan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah sunscreen atau tabir surya. Namun, seringkali ada bagian-bagian kulit yang terlewatkan saat mengoleskan sunscreen, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan masalah kulit yang serius.

Berikut cara penggunaan sunscreen yang benar dan bagian-bagian kulit yang sering terlewatkan.

1. Samping dan Belakang Leher

Bagian samping dan belakang leher seringkali terlupakan saat mengoleskan sunscreen. Namun, area ini rentan terhadap sinar matahari dan bisa mengalami kerusakan kulit. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan atau berenang. Mulailah mengoleskan sunscreen dari depan leher, lalu ke bagian samping dan belakang. Anda juga dapat melengkapi perlindungan dengan menggunakan topi bertepi lebar atau topi penutup leher.

Baca Juga:  Dorong Aktivitas Ekonomi, OJK Turunkan Bunga Pinjol Jadi 0,3 Persen

2. Dada Bagian Atas

Dada bagian atas adalah area lain yang sering terabaikan. Saat mengenakan baju dengan leher V atau scoop neck, area ini terbuka dan rentan terhadap sinar matahari. Lindungi dada bagian atas dengan mengoleskan sunscreen secara merata pada area tersebut sebelum beraktivitas di luar.

3. Bibir

Bibir juga seringkali terlewatkan, padahal bibir dapat mengalami paparan sinar matahari secara langsung. Gunakan pelembab bibir yang mengandung SPF atau sunscreen khusus untuk bibir. Ini akan membantu mencegah bibir terbakar dan melindungi dari risiko kanker kulit.

4. Bagian Atas Tangan

Baca Juga:  Berikut Formasi, Persyaratan dan Tahapan Seleksi Penerimaan PPPK Subang

Bagian atas tangan rentan terhadap kerusakan kulit akibat sinar UV. Penggunaan sunscreen pada bagian ini sangat penting, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa mengoleskan sunscreen pada bagian atas tangan setiap dua jam sekali.

5. Bagian Atas Telinga

Bagian atas telinga seringkali terpapar sinar matahari secara konstan dan dapat menjadi tempat berkembangnya kanker kulit. Lindungi bagian ini dengan mengoleskan sunscreen atau menggunakan topi bertepi lebar.

6. Bagian Atas Kaki

Bagian atas kaki juga memerlukan perlindungan. Ketika menggunakan sandal, pastikan Anda telah mengoleskan sunscreen pada bagian atas kaki sebelumnya. Reaplikasi setiap dua jam sangat dianjurkan, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

7. Bagian Tengah Tubuh

Bagian tengah tubuh, terutama jika Anda mengenakan crop top, bisa mudah terpapar sinar matahari. Pastikan Anda mengoleskan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi pada area ini dan jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali setiap dua jam.

Baca Juga:  Pasis Seskoau A-61 Gelar Latihan Kepemimpinan dari LPK Lumosa

Penting untuk diingat bahwa penggunaan sunscreen seharusnya bukan hanya saat musim panas, tetapi juga sepanjang tahun, terlebih jika Anda tinggal di daerah dengan paparan sinar matahari yang tinggi.

Selalu pilih sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan pastikan Anda mengoleskannya secara merata serta menghindari bagian-bagian yang sering terlupakan.

Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menikmati matahari tanpa mengorbankan kesehatan kulit Anda. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kulit jika Anda memiliki masalah kulit tertentu atau jika Anda merasa bahwa produk sunscreen tidak cocok untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com