Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Anda

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Apakah Anda merasa waktu tidur sehari-hari tercukupi? Jika tidak, pernahkah Anda mengalami keluhan kesehatan akibat kurang tidur?

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan seseorang, terutama bagi orang dewasa. Namun, dalam kehidupan modern yang serba sibuk, kurang tidur telah menjadi masalah umum yang dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan mental.

Menurut jurnal NERS (2020), angka prevalensi insomnia atau gangguan tidur di Indonesia mencapai 67 persen dengan rincian 55,8 persen insomnia ringan dan 23,3 persen insomnia sedang. Ini mencerminkan masalah serius dalam hal tidur di negara ini.

Baca Juga:  Manfaat Air Rebusan Daun Jambu Biji yang Luar Biasa

Kebutuhan tidur bagi orang dewasa idealnya berdurasi 7–9 jam. Kurang dari durasi ini, kesehatan fisik dan mental dapat terganggu. Akibatnya, produktivitas di tempat kerja pun bisa menurun. Kurang tidur dalam jangka pendek dapat menyebabkan kelelahan, mengantuk berlebihan, mengurangi kemampuan kognisi, memicu stres, dan menurunkan kualitas hidup.

Lebih jauh lagi, gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh orang dengan kurang tidur kronis meliputi hipertensi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung, strok, obesitas, dan depresi.

Mengatasi masalah kurang tidur

Jika Anda mengalami gejala kurang tidur, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga:  Tips Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat dan Kuat

1. Jangan tidur siang terlalu lama: Durasi tidur siang yang ideal adalah 20–30 menit. Lebih dari itu, tidur siang dapat memengaruhi durasi tidur malam dan membuat Anda sulit tidur.

2. Hindari pemikiran berat saat berbaring: Hindari memikirkan hal-hal yang rumit atau stres saat berbaring di tempat tidur. Cobalah untuk merelaksasi pikiran Anda sebelum tidur dengan teknik seperti meditasi atau pernapasan dalam.

3. Batasi penggunaan gadget: Hindari menggunakan gadget seperti ponsel atau tablet menjelang waktu tidur. Cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu ritme tidur Anda.

Baca Juga:  Rutin Konsumsi Ubi Ungu, Ini 7 Manfaat yang Bakal Kamu Peroleh untuk Kesehatan

4. Atur lingkungan tidur: Pastikan lingkungan tidur Anda nyaman. Anda bisa mengatur intensitas cahaya, suhu ruangan, mendengarkan musik yang menenangkan, atau menggunakan aromaterapi untuk menciptakan suasana tidur yang baik.

Tidur yang cukup adalah investasi dalam kesehatan Anda. Jika Anda terus mengalami masalah tidur yang serius, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional medis atau ahli tidur. Dengan tidur yang cukup, Anda dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda, sehingga Anda siap menghadapi tuntutan kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com