Peringatan Hari Radio Sedunia: Seabad Memberikan Informasi, Hiburan, dan Pendidikan

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Setiap tanggal 13 Februari, dunia memperingati Hari Radio Sedunia, sebuah inisiatif yang digagas oleh negara-negara anggota UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk menghargai peran penting radio dalam menyebarkan pengetahuan, budaya, dan hiburan.

Tema Hari Radio Sedunia tahun 2024, yang diresmikan oleh PBB, adalah ‘A Century Informing, Entertaining, and Educating’, yang menyoroti sejarah, relevansi, dan masa depan dinamis radio.

Radio, setelah melewati 100 tahun sejarahnya, telah membuktikan manfaatnya yang luas dan potensi berkelanjutan sebagai media massa.

Peringatan tahun ini memberikan penekanan pada dampak radio dalam menyajikan berita, drama, musik, dan olahraga, serta perannya yang krusial sebagai sumber informasi dan hiburan saat keadaan darurat seperti bencana alam atau pemadaman listrik.

Baca Juga:  Jadwal Layanan Samsat Keliling Tanggal 12 Maret 2024 di Subang

Selain itu, radio memiliki nilai demokrasi yang signifikan dengan menyediakan akses kepada kelompok-kelompok yang sering terpinggirkan, seperti imigran, minoritas, dan kelompok miskin.

Sejak diperingati pertama kali pada tahun 2011 oleh negara-negara anggota UNESCO dan diakui oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2012, Hari Radio Sedunia telah menjadi platform penting untuk mengapresiasi kontribusi radio dalam membentuk opini publik dan memperkuat komunitas.

Dalam skala global, radio tetap menjadi salah satu media yang paling banyak dikonsumsi. Kemampuannya untuk mencapai pendengar dari berbagai lapisan masyarakat menjadikannya sebagai wadah untuk mendukung keberagaman suara dan pandangan.

Selain itu, radio memiliki keunggulan sebagai media berbiaya rendah yang dapat menjangkau wilayah terpencil dan masyarakat yang kurang terlayani.

Baca Juga:  Mengatasi Krisis Etika Melalui Pendidikan dan Dialog Pasca Konser ColdPlay di Jakarta

Peringatan Hari Radio Sedunia tidak hanya memperingati sejarah dan prestasi radio, tetapi juga mengingatkan akan tanggung jawabnya sebagai penyedia informasi, hiburan, dan pendidikan yang berkualitas.

Melalui tema yang diusung oleh UNESCO setiap tahunnya, radio terus beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat modern sambil mempertahankan esensi dan nilai-nilai inti yang membuatnya menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meskipun berada di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, peran radio masih sangat signifikan dalam menyediakan informasi, hiburan dan koneksi bagi masyarakat.

Keberadaannya yang tetap relevan menegaskan bahwa nilai dan kekuatan komunikasi radio masih memiliki tempat yang penting dalam kehidupan kita, bahkan di era yang semakin moderen ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com