Tinta Daun Gambir dari Kampus UNAND Siap Mewarnai Pemilu 2024

SUBANG, TINTAHIJAU.COM – Halo sobat semua! tak terasa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan segera digelar.

Namun apakah sobat pernah tahu atau pernah mendengar tentang daun gambir yang dijadikan bahan baku untuk tinta pemilu 2024 ini.

Inovasi terbaru ini ternyata datang dari Universitas Andalas (UNAND) dengan memanfaatkan daun gambir yang diolah menjadi bahan baku tinta.

Inovasi pemanfaatan daun gambir yang digunakan sebagai bahan baku tinta ini akan dipergunakan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tinta pemilu dari daun gambir ini akan dipergunakan di 35 provinsi di Indonesia.

Peneliti daun gambir, Prof. Dr. Apt. Amri Bakhtiar, M. Dess menyebutkan bahwa tinta dari daun gambir ini memiliki keunggulan yang ramah lingkungan dan aman untuk kulit.

Baca Juga:  Cegah Banjir Rob, DAHANA Turut Berpartisipasi Tanam Mangrove di Legonkulon Subang

Selain itu, tinta dari daun gambir ini telah lulus uji di BPOM sehingga aman digunakan di kulit.

Kita tahu, biasanya daun gambir itu digunakan untuk makan sirih atau membatik dapat diinovasikan dengan mengolahnya menjadi tinta.

Dalam gambir, terdapat zat khusus bernama senyawa polifenol yang dapat memberikan warna hijau kehitaman.

Selain dimanfaatkan untuk sebagai tinta pemilu, daun gambir juga dapat dijadikan bahan baku tinta seperti tinta pena maupun spidol. Bila dikembangkan dan ditambah dengan senyawa lainnya.

Dalam pengadaan tinta ini, UNAND bekerja sama dengan PT Kudo Indonesia Jaya (KIJ) yang telah memenangkan tender konsolidasi pengadaan logistik tinta dalam rangka Pemilu 2024 untuk katalog elektronik tahun anggaran 2023. Seperti dikutip tintahijau.com dari laman resmi kampus UNAND, Minggu, (11/02/2024).

Baca Juga:  BRIN Gelar Pembelajaran Riset TTG untuk Penguatan Produktivitas UMKM

Dari tender tersebut UNAND berhasil memenangkan 6 dari 10 zona yang ada di Indonesia, dengan total 981.310 botol tinta Pemilu yang digunakan.

Rektor UNAND Prof. Dr. Yuliandri, SH. MH, mengungkapkan bahwa hal tersebut sangat membanggakan, sebab 90 persen provinsi di Indonesia akan memiliki kesempatan untuk menggunakan salah satu produk anak bangsa.

Sebagai informasi, Tinta Pemilu 2024 dari daun gambir ini memiliki ketahanan lebih dari enam jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com