Waspadai Sejak Dini! Inilah 4 Jenis Kanker pada Perempuan

SUBANG, TINTAHIJAU.COM – Pembahasan kali ini adalah tentang 4 jenis kanker pada perempuan yang perlu diwaspadai sejak dini.

Kanker menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia dan menjadi penyebab kematian nomor dua setelah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Menurut Global Burden of Cancer Study (Globocan) (2020) dari World Health Organization (WHO), Indonesia mencatat 396.914 kasus kanker pada 2020, dengan angka kematian mencapai 234.511 orang.

Dalam statistik yang merinci jenis kanker, kanker payudara menduduki peringkat tertinggi dengan kontribusi sebesar 16,6 persen dari total kasus 396.914, diikuti kanker serviks, kanker paru, kanker usus, dan kanker hati.

Sumber ini memberikan gambaran nyata tentang tingginya beban kanker di Indonesia dan menunjukkan perlunya tindakan preventif dan intervensi lebih lanjut dalam upaya mengatasi tantangan kesehatan ini.

Dengan deteksi dini, kita bisa meminimalisir risiko kanker dan memberikan harapan hidup yang lebih baik.

Baca Juga:  Catat! Inilah 6 Jenis dan Gejala Kanker Pada Anak

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kemenpppa RI) mengajak kita semua untuk menjaga kesehatan, jaga diri, dan bersama kita lawan kanker!

Penyakit kanker adalah penyebab utama kematian di banyak negara. Namun kebanyakan jenis kanker membutuhkan bertahun-tahun waktu untuk berkembang.

Seperti misalnya beberapa jenis kanker yang paling umum dan terkenal sangat mematikan, seperti kanker payudara dan rahim.

Berikut ini adalah 4 jenis kanker pada perempuan. Yuk kita simak!

  1. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker pada perempuan yang paling umum terjadi di seluruh dunia.

Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan di payudara tumbuh secara tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya.

  1. Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal adalah kanker yang dimulai di usus besar atau rektum. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker kolorektal termasuk kelebihan berat badan atau obesitas.

Baca Juga:  Twibbon dan Ucapan Selamat Tahun Baru 2024 dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain itu, karena ketidakaktifan fisik, diet tinggi daging merah dan olahan, merokok, penggunaan alkohol berat, pertambahan usia, dan riwayat pribadi atau keluarga dari kanker kolorektal atau polip.

  1. Kanker Endometrium

Jenis kanker yang terjadi endometrium (lapisan dalam rahim). Risiko kanker endometrium meningkat seiring bertambahnya usia perempuan.

Hal-hal yang mempengaruhi kadar hormon, seperti mengonsumsi estrogen tanpa progesteron dan mengonsumsi tamoxifen untuk pengobatan kanker payudara atau untuk menurunkan risiko kanker payudara dapat meningkatkan peluang perempuan terkena kanker ini.

  1. Kanker Serviks

Infeksi kronis oleh jenis Human Papilloma Virus (HPV) tertentu merupakan faktor risiko untuk kanker serviks.

Sobat bisa tertular HPV melalui kontak kulit ke kulit yang intim, seperti melakukan hubungan seks vaginal anal, atau oral yang memiliki virus.

Demikianlah pembahasan tentang jenis kanker pada perempuan yang dilansir tintahijau.com dari akun resmi Instagram Kemenpppa RI. Sabtu, (3/2//2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com