7 Makanan dan Minuman yang Dapat Kamu Bekukan untuk Suplai Selama #dirumahaja



Selama menjalankan working from home atau #dirumahaja kamu membutuhkan stok makanan dan minuman yang cukup. Bukan hanya sekadar memenuhi hasrat lapar, tapi juga untuk melengkapi kebutuhan gizi tubuh. Apalagi saat seperti ini, kita sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dengan makan makanan kaya nutrisi.

Meski kamu merasa sudah belanja cukup untuk stok asupan di rumah, sebenarnya ada cara supaya bahan atau makanan sisa juga enggak terbuang percuma; yakni dengan membekukan dalam freezer.

BACA JUGA:
Kurangi Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Ini Karena Bisa Melemahkan Sistem Imun Tubuh
Kenali Efek Samping Pewarna Makanan Buatan Bagi Tubuh
Awas!, Makanan dan Minuman Ini Bisa Merusak Kulit Anda
Hey Anak Kos, Kamu Tidak Seharusnya Menghangatkan Makanan Ini


Lantas, makanan atau minuman apa saja yang bisa kamu bekukan? Berikut kami rangkum khusus untuk kamu biar bisa lebih hemat!

1. Roti

Makanan pertama yang bisa kamu bekukan adalah roti. Terutama roti yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa, masa pakainya bisa jadi lebih panjang kalau kamu bekukan dalam freezer.

Selain itu, roti yang sudah diolah seperti garlic bread juga bisa kamu bekukan, lho. Bahkan ini biasa dilakukan oleh chef sekaligus juri di The Food Network's Iron Chef America, dan The Next Iron Chef Donatella Arpaia.

Ia kerap membekukan garlic bread dalam freezer, kemudian untuk menikmatinya lagi kamu cukup memanaskan dengan oven.

2. Keju

Begitu juga dengan keju, kamu bisa membekukannya dalam freezer. Dilansir dari Metro, hampir semua jenis keju bisa dibekukan, hanya saja untuk jenis cottage cheese sebaiknya jangan agar kualitasnya tak menurun.

Untuk menyimpan keju, kamu bisa menempatkan dalam wadah tertutup rapat atau plastik sekalipun.

3. Susu

Jika kamu takut susu di rumah basi, maka simpanlah dalam freezer. Kalau kotaknya agak kembung, sebenarnya hal tersebut tak jadi masalah, proses tersebut terjadi karena susu menjadi es batu.

Nah, saat ingin mengonsumsi susu beku jangan langsung dimasak, ya. Keluarkan terlebih dahulu hingga susu mencair, barulah kamu bisa mengonsumsi atau mengolahnya.

4. Yoghurt

Sama halnya dengan susu, yoghurt juga bisa kamu bekukan. Bahkan untuk mengonsumsi yoghurt kamu enggak perlu mencairkannya terlebih dahulu, bisa langsung dimakan. Dengan yoghurt beku kamu juga bisa mengkreasikannya menjadi es lilin atau topping kue. Yummy!

5. Cairan Kaldu

Salah satu cara menyetok kaldu adalah dengan membekukannya. Kamu bisa membuat kaldu ayam atau sayuran dalam jumlah yang banyak, bagi, dan tempatkan dalam beberapa plastik. Kaldu cair bisa kamu panaskan untuk membuat sup atau tumisan sayuran.

Membekukan kaldu cair bahkan biasa dilakukan oleh para chef. Salah satunya Amy Mehrtens, chef de cuisine restoran Copper Vine di Los Angeles yang melakukan cara ini untuk mempersingkat waktu memasaknya.

6. Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah memang sudah sejak lama bisa dibekukan. Bahkan kamu dapat dengan mudah menemukan sayuran dan buah beku di supermarket. Ini dilakukan agar sayuran dan buah bisa bertahan lebih lama dan nutrisinya tak cepat hilang.   

7. Kacang-kacangan

Mungkin kamu punya beberapa kacang favorit buat camilan, nah biar enggak cepat habis kamu bisa mengawetkannya dengan menyimpan dalam freezer.

Selain menjaga kacang agar tetap renyah, cara ini juga dilakukan untuk mencegah kandungan minyaknya supaya tidak berbau tengik, dan menurunkan cita rasa.

Sumber: Kumparan | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Apakah Berhubungan Intim Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh? Ini Jawabannya https://t.co/OL9M7Yl6Dc
Catat! Ini Tiga Penyakit yang Sering Muncul Setelah Lebaran https://t.co/IqLghAkHo6
Viral! Polisi di Karawang Tolong Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan dan Belikan Seperangkat Bayi https://t.co/H6WB2xY2jU
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter