FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Usai Bertemu Sandiaga Uno, Ekraf Majalengka Diharapkan Naik Kelas

Indeks Artikel



MAJALENGKA, TINTAHIJAU.COM - Para pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) di Kabupaten Majalengka mendapat dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Kepastian itu didapat setelah Bupati Majalengka Karna Sobahi dan Komite Ekraf Majalengka bertemu langsung dengan Sandiaga Uno di kantor Kemenparekraf di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ketua Harian Komite Ekraf Majalengka Ginggi Syar Hasyim mengatakan Pemerintah Kabupaten Majalengka telah memberikan presentasi mengenai sejumlah program ekonomi kreatif yang akan dilakukan.

"Kemarin itu kita presentasi program-program ekraf di Majalengka. Kemudian Pak Sandiaga Uno selaku menteri menyilakan direktur-direkturnya untuk menyampaikan apa saja yang bisa dikolaborasikan dengan Majalengka," kata Ginggi dalam keterangan yang diterima detikcom Minggu (21/2/2021).

Dari pemaparan direktur-direktur di Kemenparekraf diketahui ada 30 program yang bisa dikolaborasikan untuk Kabupaten Majalengka. Dari 30 program itu salah satu kolaborasinya adalah membentuk desa wisata.

BERITA LAINNYA:
Penuhi Undangan Menparekraf, Bupati Majalengka Beberkan Potensi Wisata dan Ekraf
Genjot Potensi Daerah, Bupati Majalengka Temui ke Wamendes
Gubernur Jabar Dorong Anak Muda untuk Gali Potensi Ekonomi Baru Pascapandemi

"Dukungan dalam bentuk kolaborasi itu diantaranya program 30 desa wisata. Kemenparekraf siap memberi dukungan dari segi SDM dan pemasaran, juga upaya menaikkan level destinasi wisata," ungkap Ginggi. "Ada juga Direktur infrastuktur yang akan berkolaborasi dalam hal digitalisasi seni pertunjukan," lanjutnya.

Desa wisata sendiri nantinya akan dibagi dalam tiga kelompok yakni desa wisata maju, madya dan rintisan. Untuk Desa wisata maju sudah ada dua desa yang ditetapkan yaitu Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi dan Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi.






Sementara untuk seni pertunjukan kata Ginggi, tahun 2022 nanti akan digelar pameran Majalengka Week di Jerman. Rencananya pameran itu akan diselenggarakan pada Maret atau Mei 2022.

"Jatiwangi art Factory diundang pameran di Jerman untuk mengelola paviliun di sana. Nanti kita isi dengan pameran Majalengka Week dan akan membawa pameran desa wisata, kriya, kuliner dan seni pertunjukan," imbuh Ginggi.

Terpisah Kasi Kesenian dan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka Didin Aminudin menambahkan, adanya dukungan langsung dari Sandiaga Uno selaku Menparekraf diharapkan semakin meningkatkan potensi ekraf yang dimiliki Kabupaten Majalengka.

"Sehingga bisa naik kelas. Kita sudah punya modal lewat penghargaan Kabupaten Kreatif tahun 2019 lalu. Sekarang kami terus berupaya untuk terus naik kelas," singkat Didin


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Begini Respon Menag Yaqut Saat Ditanya Terkait Polemik Muktamar NU https://t.co/hEu3UIK1SK
Diduga Supir Ngantuk, Pajero Sport Hantam Truk di Tol Cipali, 2 Tewas dan 5 Luka Berat https://t.co/2aljakKsJB
Pengungsi Afghanistan Lakukan Aksi Bakar Diri di Depan Gedung UNHCR Medan https://t.co/Woz1dVwzO7
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter