Berikut 5 Makanan Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes

SUBANG, TINTAHIJAU.COM – Walaupun nasi menjadi makanan pokok sehari-hari bagi kebanyakan orang. Namun, jenis panganan ini wajib dibatasi untuk penderita diabetes karena mengandung karbohidrat yang menyebabkan gula darah tinggi.

Oleh karena itu, para penderita diabetes disarankan untuk memilah makanan sebagai pengganti nasi. Seperti dilansir dari laman Health Line, Rabu (30/8/2023), berikut lima makanan pengganti nasi yang tidak meningkatkan gula darah.

1. Barley
Barley memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan serat. Biji-bijian ini juga mengandung antioksidan yang disebut lignan, yang membantu melindungi sel dari kerusakan.

Dengan mengonsumsi barley secara rutin juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah tinggi. Barley mengandung serat dan protein yang lebih tinggi. Selain itu, mengandung lebih dari 30 nutrisi, termasuk pitosterol, tokol, beta-glukan, dan mineral.

2. Quinoa
Quinoa adalah biji yang dapat dimakan dan telah menjadi makanan pokok di Amerika Selatan selama ribuan tahun. Di mana orang-orang menikmati khasiatnya yang bermanfaat.

Quinoa sering digunakan untuk menggantikan nasi karena mengandung sembilan asam amino esensial, menjadikannya protein lengkap. Quinoa juga mendukung kesehatan jantung dan memiliki efek hipoglikemik yang membantu menurunkan gula darah.