Kenali Watak Pasangan Sebelum Menikah, Salah Satu Kunci Kesuksesan Berumah Tangga

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Sebelum memasuki babak pernikahan, langkah bijak adalah memahami dengan seksama karakter pasangan.

Mengetahui wataknya menjadi aspek krusial, seiring dengan pernyataan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang mendefinisikan watak sebagai sifat batin manusia yang memengaruhi pikiran, tingkah laku, budi pekerti, dan tabiat.

Pernikahan, seringkali dihiasi dengan kebahagiaan semu di media sosial, sejatinya membawa banyak pasang surut yang harus dihadapi bersama. Karena itu, pemahaman akan watak pasangan menjadi pondasi yang penting.

Sebagaimana diungkapkan oleh sumber dari Marriage, pernikahan bukanlah hal yang mudah, sehingga pasangan yang mampu bertindak tepat dalam segala situasi sangat diperlukan.

Pentingnya mengetahui watak pasangan tak lain karena sifat tersebut merupakan bagian intrinsik dari dirinya yang sulit untuk diubah setelah pernikahan. Sebuah pernikahan alami menempatkan individu pada pencarian pasangan dengan karakter yang melengkapi. Oleh karena itu, mengenali karakter pasangan sejak awal menjadi langkah yang bijak.

Baca Juga:  Tips dan Trik Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan

Menurut saran Brett Novick, pengamatan perilaku pasangan terhadap orang lain, terutama mereka yang tidak memberikan keuntungan, dapat memberikan petunjuk yang berharga. Hal ini juga dapat diamati dari respons pasangan dalam situasi sehari-hari, seperti menghadapi kemacetan lalu lintas.

Tindakan tersebut dapat memberikan gambaran bagaimana pasangan akan menanggapi masalah dalam kehidupan pernikahan.

Saat memilih pasangan, perlu diingat bahwa karakter buruk cenderung sulit diubah setelah menikah. Terapis pernikahan dan keluarga, Caroline Madden, menegaskan bahwa harapan untuk perubahan pada watak pasangan umumnya tidak realistis. Oleh karena itu, kebijaksanaan dalam pemilihan pasangan sangat diperlukan.

Keluarga, sebagai fondasi utama kehidupan manusia, membentuk kesehatan mental suami dan istri yang nantinya akan memengaruhi kehidupan anak-anak. Dalam konteks ini, tiga red flags yang disorot oleh Brett Novick, yakni alkohol, kecanduan, dan perselingkuhan, perlu diperhatikan dengan serius.

Baca Juga:  Mengungkap Arti Mimpi: Saat Kita Memimpikan Orang yang Kita Sukai

Pasangan yang memiliki masalah dengan ketiga hal tersebut sebaiknya dipertimbangkan untuk dihindari, mengingat dampak negatifnya terhadap keharmonisan rumah tangga dan kehidupan keluarga.

Kesadaran akan watak pasangan sebelum menikah juga menciptakan dasar yang kuat untuk kebahagiaan dalam pernikahan. Meskipun bahagia merupakan tanggung jawab individu, namun pemahaman dan dukungan antar pasangan memegang peranan krusial.

Dr. Aisah Dahlan menyoroti pentingnya ketenangan dan kebahagiaan perempuan sebagai landasan untuk keharmonisan keluarga.

Dalam penutup, memilih pasangan dengan karakter yang saling melengkapi dan memiliki nilai-nilai baik seperti kebijaksanaan, kesetiaan, dan kejujuran, menjadi langkah awal yang penting untuk membangun pernikahan yang kokoh dan bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com