Waspada! 6 Kebiasaan Ini Bisa Memicu Gagal Ginjad di Usia Muda

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Gagal ginjal adalah suatu kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak muda, dan seringkali kerusakan ginjal tidak menyebabkan gejala yang jelas hingga mencapai tahap lanjut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi dan menghindari kebiasaan yang dapat memicu gagal ginjal, terutama pada usia muda. Berikut adalah enam kebiasaan yang perlu diwaspadai,

1. Kurang Konsumsi Air Putih, Minum air dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk kesehatan ginjal. Ginjal berfungsi untuk membersihkan darah dari zat-zat berbahaya dan racun. Kurangnya asupan air dapat memperberat beban kerja ginjal dan meningkatkan risiko kerusakan.

2. Sering Mengonsumsi Makanan Olahan, Makanan olahan sering mengandung tinggi natrium dan fosfor. Orang dengan masalah ginjal perlu membatasi asupan fosfor dalam makanan. Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan fosfor berlebih dari makanan olahan dapat merugikan kesehatan ginjal dan tulang.

3. Begadang, Kurang tidur dan begadang dapat berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Tidur yang cukup diperlukan untuk menjaga fungsi ginjal yang sehat, karena fungsi ginjal juga dipengaruhi oleh siklus tidur.

4. Duduk Terlalu Lama, Gaya hidup yang cenderung tidak aktif, seperti duduk terlalu lama, dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal. Aktivitas fisik yang cukup dianjurkan untuk menjaga tekanan darah dan metabolisme glukosa yang sehat.

5. Menahan Buang Air Kecil, Kebiasaan menahan buang air kecil dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal, terutama pada orang dengan riwayat kondisi tersebut atau tingkat mineral yang tinggi dalam urine. Menahan pipis juga dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, yang dapat memengaruhi kesehatan ginjal.

6. Konsumsi Alkohol Berlebihan, Minum alkohol secara berlebihan dan teratur dapat meningkatkan risiko penyakit gagal ginjal kronis. Jika seseorang juga merokok, risikonya akan lebih tinggi. Perokok yang juga peminum berat alkohol memiliki peluang lima kali lipat terkena penyakit ginjal kronis.