BPBD Subang Sebut 5 Kecamatan Ini Masih Dilanda Krisis Air Bersih

SUBANG, TINTAHIJAUcom – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, Jabar menyebut lima kecamatan di wilayah itu masih dilanda krisis air bersih (kekeringan) pada musim kemarau panjang sebagai dampak dari fenomena El Nino tahun ini.

Kepala BPBD Subang Udin Jazudin saat dihubungi di Subang, Selasa, mengatakan lima kecamatan yang dilanda kekeringan tersebut adalah Kecamatan Ciater, Jalancagak, Serangpanjang, Dawuan, dan Kecamatan Subang.

“Warga di lima kecamatan itu sangat membutuhkan air bersih, sehingga kami masih terus melakukan pendistribusian air bersih ke warga di lima kecamatan tersebut,” katan Udin dikutip dari Antara

Baca Juga:  Innalillahi, Murid SMP di Subang Ditemukan Tewas¬† di Sungai Daerah Indramayu dengan Tangan Terikat

Ia mengatakan selama musim kemarau jajaran BPBD Subang tetap bersiap melakukan pendistribusian air bersih ke daerah yang mengalami kekeringan.

“Setiap hari kami mendistribusikan air bersih ke daerah kekeringan. Jadi, warga yang daerahnya kekeringan dan membutuhkan air bersih bisa langsung menghubungi kami,” katanya.

Udin mengaku sepanjang musim kemarau ini pihaknya melayani pendistribusian air bersih bagi warga yang membutuhkan.

Disebutkan pendistribusian air bersih merupakan salah satu upaya dalam penanganan atau penanggulangan krisis air bersih di daerah yang dilanda kekeringan.

Baca Juga:  Divonis 12 Tahun Penjara dan Denda Rp25 Miliar, Mario Dandy Ajukan Banding

Untuk penanganan jangka panjang, kata dia, akan dilakukan pembuatan sumur bor di setiap kecamatan, khususnya di kecamatan yang rawan bencana kekeringan.

“Jadi, masing-masing kecamatan, khususnya yang rawan kekeringan, bisa segera mengusulkan untuk pembuatan sumur bor itu,” kata dia.

Bupati Subang Ruhimat sebelumnya berkonsultasi ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait dengan pembuatan sumur bor tersebut. Jadi, dalam pelaksanaan pembuatan sumur bor itu, Pemkab Subang akan dibantu oleh BNPB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com