BPBD Sukabumi dan Tim Gabungan Sigap Bagikan Logistik kepada Penyintas Longsor di Pengungsian

SUBANG, TINTAHIJAU.COM – BPBD Kabupaten Sukabumi bersama tim gabungan dari Pos Logistik Penanganan Tanah Longsor dengan sigap membagikan semua logistik yang datang langsung kepada penyintas yang tinggal di tenda pengungsian dan rumah warga.

“Kebutuhan makan tiga kali sehari lengkap, air minum, pos kesehatan, MCK lengkap” ujar Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Soemantri.

Hal ini disampaikan Iyos saat Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin meninjau lokasi longsor yang terjadi di Kampung Cibatu Hilir RW 011 Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Senin (29/1). Selain Pj. Gubernur, hadir pula di lokasi Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Hendra Gunawan.

Baca Juga:  Dua Kasus Difteri Terdeteksi di Subang, Jawa Barat

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat, Dani Ramdan mendampingi Pj. Gubernur saat mengunjungi tenda-tenda pengungsi dan lokasi bencana. Juga didampingi oleh Plt. Kepala Pelaksana Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan.

Berdasarkan data terupdate, bencana longsor ini menyebabkan 13 rumah rusak berat, yang berarti 16 KK telah kehilangan rumahnya tertimbun longsoran kedalaman 7 meter. Sebanyak 6 rumah berada di zona merah yang berarti 10 KK tidak dapat lagi menempati rumahnya, dan terancam 60 unit rumah untuk 78 KK dan 2 sarana umum.

Baca Juga:  Jadwal Libur Panjang Akhir Tahun untuk Siswa di Jawa Barat

Saat kejadian, seorang warga melaporkan jika rumahnya mendadak retak parah kepada Ketua RW 011. Ketua RW langsung melihat kondisi dan meminta masyarakat untuk segera evakuasi di saat itu, bahkan melarang warga yang akan kembali ke rumah untuk membawa barang-barangnya. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

Dani Ramdan menyebut bahwa, karena kesiapsiagaan lah sehingga tidak terjadi korban jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com