Kenali Biar Tidak keliru, Warna dan Desain Surat Suara Pemilu 2024

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Pada Rabu, 14 Februari 2024, rakyat Indonesia akan menyaksikan pelaksanaan Pemilihan Umum 2024. Salah satu elemen penting dalam proses pemungutan suara adalah surat suara.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat suara didefinisikan sebagai surat yang digunakan untuk memberikan suara dalam pemilihan. Surat suara tersedia di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pemilu 2024 terdiri dari dua bagian, yakni Pemilihan Eksekutif (Pilpres) untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk memilih anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD RI. Terdapat sejumlah peraturan yang harus dipahami terkait surat suara Pemilu 2024, sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2023 dan Keputusan KPU Nomor 1202 Tahun 2023 beserta perubahannya.

Jenis dan Warna Surat Suara Pemilu 2024

Menurut informasi yang diambil dari laman resmi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) KPU, terdapat lima jenis surat suara yang akan digunakan. Kelima jenis surat suara tersebut adalah:

Baca Juga:  Kades di Aceh Barat Wafat Saat Upacara Peringatan HUT RI

1. Surat Suara Warna Abu-abu: Digunakan untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Capres/Cawapres) periode 2024-2029.

2. Surat Suara Warna Merah: Digunakan untuk pemilihan anggota DPD.

3. Surat Suara Warna Kuning: Digunakan untuk pemilihan anggota DPR.

4. Surat Suara Warna Biru: Digunakan untuk pemilihan anggota DPRD provinsi.

5. Surat Suara Warna Hijau: Digunakan untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten/kota.

Setiap surat suara memiliki warna yang berbeda sesuai dengan peruntukannya. Misalnya, surat suara warna abu-abu digunakan untuk memilih Capres/Cawapres, sementara surat suara warna merah digunakan untuk memilih anggota DPD.

Spesifikasi Bentuk Surat Suara Pemilu 2024

Berdasarkan Lampiran Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2023, spesifikasi teknis surat suara Pemilu 2024 adalah sebagai berikut:

1. Bentuk surat suara berupa persegi panjang dengan posisi vertikal atau horizontal.

2. Ukuran surat suara disesuaikan dengan jumlah pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, calon anggota DPD pada setiap Daerah Pemilihan (Dapil), dan partai politik peserta Pemilu beserta jumlah calon anggota DPR, DPD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Baca Juga:  Prabowo-Gibran Daftar ke KPU untuk Pilpres 2024

3. Jenis kertas surat suara adalah Hout Vrij Schrijfpapier (HVS) dengan ketebalan 80 g/m2.

4. Bahan surat suara terbuat dari bubur kertas dan/atau daur ulang.

5. Format surat suara didesain dengan memperhatikan posisi lipatan agar tidak mengenai kolom pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, calon anggota DPR, DPD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Kesimpulan

Dalam Pemilihan Umum 2024, surat suara memiliki peran yang sangat penting sebagai alat untuk menentukan pilihan politik. Pemilih diharapkan untuk memahami jenis, warna, dan desain surat suara yang digunakan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Pastikan surat suara tidak rusak sebelum digunakan, dan pilihlah sesuai dengan hati nurani setelah mempertimbangkan visi dan misi para kandidat yang telah disampaikan selama kampanye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com