Iran Sukses Tembus Semifinal Piala Asia 2023 Setelah Kalahkan Jepang

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Al Rayyan Stadium menjadi saksi pertandingan sengit antara Iran dan Jepang pada perempat final Piala Asia 2023, Sabtu (3/2/2024). Iran berhasil melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan Jepang dengan skor 2-1.

Dalam pertandingan tersebut, Iran menampilkan kekuatan terbaiknya dengan menurunkan susunan pemain yang solid. Serdar Azmoun dipercaya sebagai ujung tombak menggantikan Mehdi Taremi, yang absen karena mendapatkan kartu merah pada pertandingan sebelumnya.

Di sisi lain, Jepang juga menampilkan formasi terbaik dengan memasang Ayase Ueda di lini serang, didukung oleh Takefusa Kubo di lini kedua.

Pada babak pertama, Jepang yang diunggulkan langsung mendominasi penguasaan bola dan berhasil mencetak gol pada menit 28. Hidemasa Morita menjadi pencetak gol setelah sepakannya tidak dapat dibendung oleh kiper Iran, Alireza Beiranvand. Dengan skor 0-1, Jepang unggul hingga turun minum.

Baca Juga:  Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Akan Main Kasar Saat Lawan Timnas Vietnam di Piala Asia 2023

Memasuki babak kedua, Jepang berusaha mempertahankan dominasinya, tetapi Iran mampu menyamakan kedudukan pada menit 55. Serangan satu-dua sentuhan diakhiri dengan umpan terobosan pendek dari Azmoun kepada Mohammad Mohebi, yang sukses menaklukkan kiper Jepang Sion Suzuki.

Meskipun Jepang meningkatkan serangan, mereka tidak mampu mencetak gol tambahan. Pada 15 menit terakhir pertandingan, giliran Iran yang menyerang dengan tekad tinggi. Hasilnya, Ko Itakura melakukan pelanggaran di kotak penalti, dan wasit menunjuk titik putih.

Baca Juga:  Shin Tae-yong Janjikan Timnas Indonesia Akan Suguhkan Performa Lebih Baik Saat Lawan Irak di Piala Asia 2023

Alireza Jahanbakhsh menjadi eksekutor yang sukses, membawa Iran memimpin 2-1 di menit 90+6. Meskipun Jepang mencoba menyerang total, waktu pertandingan telah habis, dan Iran memastikan kemenangan serta lolos ke semifinal Piala Asia 2023.

Susunan pemain kedua tim:
Iran: A. Beiranvand; R. Rezaelan, H. Kanaanizadegan, S. Khalilzadeh, M. Mohammadil O. Ebrahimi, S. Ezatolahi; A. Jahanbakhsh, S. Ghoddos, M. Mohebi; S. Azmoun.
Pelatih: Amir Ghalenoei

Jepang: Zion Suzuki; S. Maikuma, K. Itakura, T. Tomiyasu, H. Ito; W. Endo, H. Morita, T. Kubo; R. Doan, D. Maeda, A. Ueda.
Pelatih: Hajime Moriyasu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com