Timnas Basket Putri Indonesia Berhasil Bungkam Mongolia di FIBA Women’s Asia Cup 2023

Timnas bola basket putri Indonesia menang atas Mongolia dengan skor 69-52 pada laga perdana Grup A FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B di Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand, Minggu siang (13/8/2023). (Sumber: PP Perbasi)

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Timnas bola basket putri Indonesia memulai perjuangan mereka di FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B dengan hasil yang positif. Mereka berhasil mengalahkan Mongolia pada pertandingan pertama di Grup A di Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand, pada Minggu siang (13/8/2023), dengan skor akhir 69-52.

Awalnya, Timnas bola basket putri Indonesia sempat mengalami kesulitan dalam mencetak poin pada kuarter pertama.

Namun, Kimberley Pierre Louis kemudian berhasil menyamakan skor menjadi 2-2. Setelah itu, Indonesia mendominasi jalannya kuarter pertama dan mengakhiri kuarter tersebut dengan unggul 17-10.

Pada kuarter kedua, Kadek Pratita Citta Dewi membuka poin dengan mencetak dua angka. Kemudian, Nathania Orville menghasilkan tembakan tiga angka yang membuat Indonesia semakin unggul menjadi 22-10.

Dominasi Indonesia terus berlanjut hingga akhir paruh pertama dengan skor 33-21.

Setelah istirahat, Timnas bola basket putri Indonesia kembali tampil kuat. Kimberley Louis mencetak empat poin, menghentikan usaha Mongolia yang sempat mencetak poin di awal kuarter kedua.

Indonesia berhasil mengendalikan permainan di kuarter ketiga dan unggul dengan skor 49-39.

Pada kuarter terakhir, tim Indonesia tetap mendominasi. Nathania Claresta Orville membuka poin dengan mencetak dua angka, diikuti oleh dua angka dari Kimberley Louis.

Serangkaian poin dari Timnas bola basket putri Indonesia menghentikan perlawanan Mongolia yang pada akhirnya menyerah. Dengan hasil akhir 69-52, Indonesia mengamankan kemenangan pada pertandingan pertama Grup A FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B.

Kimberley Pierre Louis menjadi pencetak poin tertinggi untuk Indonesia dengan raihan 19 angka, 9 rebound, dan 1 asis.

Di pihak Mongolia, Ariuntsetseg Bat-Erdena mencetak poin tertinggi dengan catatan 9 angka, 8 rebound, dan 1 asis.

“Pentingnya kemenangan dalam pertandingan ini terletak pada konsistensi dan kendali permainan. Semua diterapkan terlebih dahulu dalam pertahanan,” ungkap Marlina Herawan, pelatih Timnas bola basket putri Indonesia, dalam pernyataan resmi dari PP Perbasi yang diterima oleh Kompas.tv pada Minggu.

Menurut Coach Marlina, kesuksesan mengendalikan permainan sejak kuarter pertama adalah hasil dari motivasi para pemain untuk tampil maksimal sejak awal.

“Kami harus siap sejak awal, memulai dengan kuat. Dan kami juga harus mengakhiri dengan kuat,” tegasnya.

Coach Marlina menjelaskan bahwa kondisi pemain baik setelah pertandingan dan ada evaluasi untuk pertandingan selanjutnya, terutama dalam menjaga konsistensi kinerja dari awal hingga akhir dalam hal daya tahan fisik.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan bertanding melawan Malaysia. Coach Marlina mengakui bahwa tidak ada rahasia antara kedua tim karena sudah sering bertemu sebelumnya.

“Posisi saat ini adalah bahwa mereka ingin mengalahkan Indonesia karena sebelumnya kita berhasil mengalahkan mereka. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik. Semua kembali pada titik nol karena lawan besok akan berbeda dengan yang sekarang. Kami harus beradaptasi dengan perubahan dalam permainan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan,” jelasnya.