Timnas U17 Indonesia Berangkat ke Jerman untuk Persiapan Piala Dunia U17 2023

Timnas U17 Indonesia telah tiba di Jerman guna menjalani pemusatan latihan (TC) jelang tampil di Piala Dunia U17 2023. (Sumber: PSSI)

Pada Senin, 18 September 2023, skuad Timnas U17 Indonesia tiba di Jerman untuk memulai pemusatan latihan (training camp/TC) intensif sebagai bagian dari persiapan mereka untuk Piala Dunia U17 2023. Tim yang dipimpin oleh pelatih Iqbal Gwijangge ini akan menggunakan fasilitas sepak bola dari dua klub Bundesliga terkemuka, yaitu Borussia Dortmund dan Borussia Monchengladbach, selama mereka berada di Jerman.

Rencananya, Timnas U17 Indonesia akan berada di Jerman hingga tanggal 23 Oktober 2023. Selama waktu ini, mereka dijadwalkan untuk menjalani enam pertandingan melawan berbagai tim usia muda dari Bundesliga. Tujuan dari pertandingan-pertandingan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan individu para pemain serta meningkatkan kesadaran taktikal tim.

Dalam rangka mencapai tujuan ini, Frank Wortmuth, seorang mantan pemain Bundesliga yang kini berperan sebagai konsultan pelatih tim, akan mendampingi tim selama periode pemusatan latihan. Wortmuth akan memberikan panduan serta mengawasi sesi latihan, membantu memastikan bahwa pemain-pemain Timnas U17 Indonesia mendapatkan pembinaan yang baik.

Baca Juga:  Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Akan Main Kasar Saat Lawan Timnas Vietnam di Piala Asia 2023

Program TC Timnas U17 Indonesia di Jerman ini bisa terwujud berkat kolaborasi yang erat antara Bundesliga Internasional dan PSSI. Hal ini sejalan dengan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani antara Liga Sepak Bola Jerman (DFL) dan PSSI pada Juni 2023.

Peer Naubert, Chief Marketing Officer Bundesliga Internasional, menyatakan, “Bekerja sama erat dengan klub dan berbagai pemangku kepentingan kami, inisiatif ini selaras dengan komitmen kami untuk mengembangkan bakat sepak bola global dan berbagi praktik terbaik dari sepak bola Jerman.”

Baca Juga:  Meningkatkan Antusiasme Menuju Piala Dunia U17 2023

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berharap bahwa pemusatan latihan Timnas U17 Indonesia di Jerman akan memberikan dampak besar kepada tim yang akan mewakili Indonesia di Piala Dunia U17 2023. Selain itu, ia juga berharap bahwa pemain-pemain tersebut akan berkembang lebih baik karena pengalaman pelatihan sepak bola di Jerman.

“Program pelatnas di Jerman akan menjadi bagian penting dalam persiapan tim menuju persaingan tinggi di level FIFA U-17 di mana ada negara-negara kuat di sepak bola dengan para pemain berbakat,” kata Erick.

Erick juga menyatakan rasa terima kasihnya kepada komunitas Bundesliga dan dua klub besar, yaitu Borusia Muenchengladbach dan Dortmund, atas kontribusi mereka dalam persiapan tim Indonesia. Ia melihat kolaborasi ini sebagai bentuk positif dari hubungan yang erat antara Liga Sepak Bola Jerman (DFL) dan PSSI.

Baca Juga:  Ada Keributan Antar Supporter di Tribun Pasca Persib Cetak Gol ke Gawang Persis

“Saya berharap program ini akan meninggalkan legacy (warisan, red) yang kuat bagi para pemain muda Indonesia karena telah menjadi bagian dari program akademi sepak bola muda Jerman yang telah melahirkan bintang-bintang sepak bola dunia,” tutup Erick.

Piala Dunia U17 2023 akan digelar di Indonesia mulai tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023. Timnas U17 Indonesia tergabung dalam Grup A dan akan bersaing dengan Ekuador, Panama, dan Maroko dalam turnamen bergengsi ini. Harapannya adalah bahwa persiapan yang intensif di Jerman akan membantu mereka tampil dengan baik dan mencapai hasil yang membanggakan di turnamen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com