Jumlah ODHA Tembus 3020, Sekda Subang: Tolong Terima dengan Baik, Jangan Ada Diskrimknasi

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Subang tembus di angka 3020 orang. Bahkan di tahun ini, dalam 6 bulan terjadi penambaham hingga 151 orang.

Sekretaris Komisi Perlindungan AIDS Kabupaten Subang, dr.Encep Sugiana mengatakan, jumlah penambahan kasus HIV/AIDS dalam waktu terakhur ini cukup signifikan. Dia menyebutkan, dalam 6 bulan, kasus mematikan ini mencapaj 151 orang.

“Data kasus terbaru dari bulan Januari sampai Juni 2023 sebanyak 151 kasus dengan angka kasus HIV sebanyak 143 dan kasus AIDS sebanyak 8 kasus,” kata dr Encep Sugiana

Baca Juga:  Atasi Lahan Kritis, Ridwan Kamil Tanam 83 Juta Bibit Pohon di Jabar

Secara akumulasi, terhitung dari 1999 hingga tahun ini jumlah kasus HIV/AIDS di Subang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tercatat ada 3020 warga yang terserang HIV/AIDS.

“Jumlah kasus secara kumulatif dari tahun 1999 sampai Juni 2023 sebanyak 3020 kasus dengan angka kasus HIV sebanyak 2058 dan angka kasus AIDS sebanyak 962 kasus,” terabgngnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang H. Asep Nuroni mengatakan, dengan jumlah ODHA itu yang kian banyak itu, dia meminta mereka diterima dan tidak ada diskrimimasi.

Baca Juga:  15 Perwira Tinggi TNI Naik Pangkat, Ini Daftarnya

“Saya yakin , apabila masyarakat bisa menerima ODHA dengan baik maka ODHA akan semakin terbuka, keterbukaan itu penting bagi kita untuk melakukan penanganan dengan baik,” kata Sekda saat menghadiri Hari Peringatan HIV/AIDS Sedunia yang Bertempat di halaman kantor Desa Pusakaratu Kecamatan Pusakanagara Subang, Selasa 5 Desember 2023.