Respon Buka Penuh BIJB Kertajati, Majalengka Skenariokan Jadi Tujuan Wisata dan Investasi

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.COM- Bandara Internasional Kertajati (BIJB) Majalengka beroperasi penuh dalam melayani rute penerbangan dalam dan luar negeri pada 29 Oktober 2023.

Operasi full BIJB yang ditandai dengan pemindahan Penerbangan berjadwal dari dan ke Bandara Husein Sastranegara (Bandung) ke Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat di Majalengka.

Mulai tanggal 29 Oktober 2023, maskapai yang akan beroperasi di Bandara Kertajati adalah Super Air Jet, Indonesia AirAsia, Citilink dan Malaysia Airlines.

Pihak BIJB akan menyiapkan moda transportasi publik dari dan ke Bandara Kertajati dengan konektivitas dari dan ke Bandung, Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Karawang, Majalengka, Cimahi, Purwakarta, Subang, Indramayu, Banjar, Pangandaran, Jatinangor dan Sumedang. Tersedia juga operator taksi untuk angkutan point to point.

Pemkab Majalengka melakukan sejumlah skenario untuk merespon itu. Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana menegaskan dengan operasi penuh BIJB Kertajati akan banyak masyarakat dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung ke Majalengka.

Untuk itu Pemkab Majalengka bersama masyarakat Majalengka bersepakat bahwa Majalengka harus menjadi kota tujuan, tujuan berwisata dan tujuan berbisnis.

Selain itu Pemerintah Daerah Kab.Majalengka harus terus berupaya mendorong destinasi wisata unggulan beserta dengan budaya khas Majalengka, agar Pariwisata di Kab.Majalengka dengan wisata alam dan Budayanya dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat baik domestik maupun mancanegara

“Untuk itu dengan mulainya pengoperasian penuh BIJB Kertajati pertanggal 29 Oktober 2023 mendatang, Pemkab Majalengka harus dapat memanfaatkan peluang untuk mengembangkan ekonomi masyarakat, dengan salah satunya berupaya melakukan promosi wisata Majalengka dengan tidak hanya membuka tenant di sekitar BIJB Kertajati saja namun harus juga membuka tenant atau promosi di daerah-daerah yang menjadi tujuan penerbangan seperti di Bali dan tempat lainnya,” kata Wabuo

“Supaya masyarakat yang hendak melakukan penerbangan akan lebih tertarik datang ke Majalengka untuk menikmati potensi wisata dan kuliner khas Majalengka, hal tersebut tentunya akan lebih mengembangkan potensi Majalengka di kancah Nasional maupun Internasional,” tegas Wabup.