Ragam  

7 Alasan Kenapa Remaja Harus Menggunakan Jam Tangan

Ilustrasi Anak Muda menggunakan Jam Tangan | Hasib Khorami (pexels.com)

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Sebagian besar generasi muda saat ini tidak lagi menganggap perlu menggunakan jam tangan karena fungsinya sudah tergantikan oleh smartphone. Seiring dengan perkembangan pesat smartphone, banyak yang berpendapat bahwa jam tangan bukan lagi kebutuhan bagi anak muda.

Jika Anda masih berpikir demikian, pertimbangkan ulang pendapat Anda. Saat ini, jam tangan tidak hanya sekadar alat penunjuk waktu, melainkan juga bagian dari gaya hidup. Terutama sekarang, ada banyak pilihan jam tangan menarik yang cocok dipakai oleh anak muda tanpa merasa aneh atau terpaksa berusaha terlihat dewasa.

Jadi, jika ada anggapan bahwa dengan kemajuan teknologi saat ini, melihat waktu sudah bisa dilakukan dengan smartphone sehingga tidak perlu lagi memakai jam tangan, itu adalah pandangan yang keliru.

Saat ini, jam tangan yang modis juga berperan sebagai aksesoris penting yang mendukung gaya fashion setiap generasi muda. Inilah tujuh alasan mengapa anak muda perlu memiliki jam tangan yang stylish dan up-to-date.

1. Lebih Nyaman dan Praktis

Banyak anak muda berpikir bahwa smartphone sudah mencukupi untuk melihat waktu, namun sebenarnya tidak demikian. Berbeda dengan smartphone, jam tangan jauh lebih nyaman digunakan untuk membaca waktu.

Masih ragu? Ketika ingin melihat waktu, pasti lebih merepotkan harus mengeluarkan smartphone dari kantong celana atau tas. Dalam hal ini, jam tangan lebih praktis karena Anda hanya perlu melihat pergelangan tangan yang sudah dihiasi jam. Jelas lebih mudah, bukan?

2. Tidak Perlu Khawatir tentang Pengisian Daya

Beberapa jam tangan dirancang bekerja secara kinetik sehingga tidak memerlukan baterai. Ada juga yang menggunakan baterai dengan masa pakai yang cukup lama. Artinya, Anda tidak perlu repot mengisi daya seperti pada smartphone. Ini menjadi salah satu alasan mengapa anak muda sebaiknya menggunakan jam tangan keren. Tidak perlu repot mengisi daya.

3. Jam Tangan Keren yang Multifungsi Tersedia Banyak

Ada anggapan bahwa jam tangan hanya berfungsi untuk melihat waktu, namun kenyataannya tidak demikian. Saat ini, tersedia banyak jam tangan keren dengan berbagai fungsi tambahan. Selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga bisa menampilkan tanggal, dan bahkan memiliki fitur stopwatch (chronograph). Banyak juga jam tangan yang dirancang khusus untuk menambah daya tarik penampilan penggunanya.

Pilihan jam tangan keren yang sesuai dengan tren dan suasana hati juga semakin beragam. Dengan demikian, anak muda dapat terlihat modis dengan tambahan aksesoris jam tangan.

4. Aksesoris Mode dan Gaya Pribadi

Jam tangan keren tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk membaca waktu, tetapi juga menjadi lambang status sosial dan gaya pribadi. Bahkan, jam tangan dapat menjadi ungkapan diri penggunanya. Selain itu, jam tangan juga berperan sebagai aksesoris mode yang melengkapi pakaian yang dikenakan. Oleh karena itu, lengkapilah penampilan Anda dengan jam tangan yang modis dan sesuai tren.

5. Cocok untuk Berbagai Aktivitas Olahraga

Banyak jam tangan saat ini dirancang agar tetap dapat digunakan saat berbagai aktivitas olahraga, termasuk berenang. Tentu saja membawa smartphone ke dalam air tidaklah praktis. Jam tangan modern juga bisa digunakan saat Anda melakukan aktivitas olahraga yang menantang.

6. Boleh Digunakan di Mana Saja

Berbeda dengan smartphone dan gadget lainnya, jam tangan boleh digunakan di mana saja. Beberapa tempat, seperti tempat ibadah, sering melarang penggunaan smartphone atau meminta agar bunyi smartphone dimatikan. Bahkan, dalam beberapa kasus, smartphone dilarang masuk. Namun, hingga kini tidak ada aturan yang melarang penggunaan jam tangan.

7. Membawa Simbol Status Sosial

Memakai jam tangan tidak hanya mengesankan kesederhanaan, tetapi juga dapat mencerminkan status sosial. Di beberapa negara di Eropa, tidak memakai jam tangan mewah bisa diartikan sebagai tanda status sosial yang biasa-biasa saja.

Sebabnya, jam tangan sering kali dianggap sebagai simbol kesuksesan, gaya, dan sikap. Apalagi, sejarahnya sangat menarik karena awalnya jam tangan banyak digunakan oleh kalangan bangsawan, namun kini dapat dinikmati oleh semua kalangan.