Jadi Tuan Rumah MTQ, Sindangwangi Majalengka Terus Berbenah

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com – Kecamatan Sindangwangi, Majalengka terus berbenah menyambut Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 (LIII) tingkat Kabupaten pada 19 September mendatang.

Camat Sindangwangi Wahyu Sudianto megatakan, saat ini pihaknya bersama masyarakat dan panitia sudah mempersiapkan secara matang pelaksanaan MTQ yang akan digelar pada 19 – 21 September 2023.

“Kita terus matangkan semua persiapan dari hal terkecil hinggal hal teknis lainnya, agar pelaksanaan MTQ ke 53 bisa berjalan dengan lancar dan meriah,” tandas Wahyu

Pada pelaksanaan nanti, selain MTQ, akan digelar pula pawai taaruf dan bazar yang diikuti perwakilan dari masing-masing kecamatan dan UMKM.

Untuk jalur pawai taaruf para peserta akan melewati jalan menuju kecamatan Sindangwangi sedangkan untuk tamu VVIP dari jalan RM. Euis t menuju jalan Desa Ujungberung. Sedangkan untuk menginap para kafilah dan peserta MTQ akan ditempatkan di lima desa yang berdekatan dengan lokasi MTQ.

Baca Juga:  Tiba di Amerika Serikat, Dua Ulama Jabar Suarakan Islam Rahmatan Lil Alamin

Kasie Binmas Kementrian Agama Kabupaten Majalengka Sofyan Firdaus persiapan pelaksanaan MTQ sudah mendekati 90%. Meski demikian,
kata Sofyan masih ada beberapa item yang perlu dilengkapi misalnya untuk panggung MTQ, namun hal itu baru akan dibangun saat mendekati acara.

“Adapun hal hal lain misalkan untuk item-item penilaian terus pemondokan kafilah tiap kecamatan itu sudah dibagi-bagi, kemudian masing-masing kecamatan juga sudah melakukan survei ke tempatnya masing-masing,” ungkap Sofyan.

Sofyan menyebut panitia juga telah melibatkan petugas Kepolisian untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan memberlakukan jalan satu arah.

Baca Juga:  HUT Ke-78 RI, Polwan Polres Subang Bantu Anggota Yang Alami Sakit Stroke

“Kendalanya atau permasalahan mungkin nanti ada pada pawai ta’aruf, yaitu masalah parkir kendaraan. tadi juga melibatkan unsur-unsur kepolisian dan sudah ada titik terang, nanti ada rekayasa lalu lintas pada hari H penyelenggaraan MTQ,” ungkap dia.

MTQ akan melombakan 9 Cabang, seperti Lomba Musabaqoh Tilawah Qur’an (MTQ), Musabaqoh Tartil Qur’an (MTtQ), Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Saritilawah/Puitisasi Al-Qur’an, Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Adzan, Lomba Melukis Islami, Lomba Kaligrafi Islam (LKI), .

Baca Juga:  Pesta Kemerdekaan, Setwan Subang Gelar Lomba Nasi Liwet

 

 

Sekertaris Daerah ( Sekda ) Majalengka Drs. H. Eman Suherman, MM , meminta kepada pihak panitia Kabupaten, Kecamatan termasuk panitia lokal, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan semua peserta. Termasuk mengenai pusat kegiatan pelaksanaan pembukaan maupun pawai ta ‘aruf. Mengingat lokasi Kecamatan Sindangwangi jalur jalannya masih sempit maka pengaturan arus lalu lintas sangat penting sekali.

“Saya minta kepada pihak Dishub berkordinasi dengan Polres dan panitia lokal untuk mensinergiskan jalur lalu lintas yang bakal di lalui oleh peserta pawai maupun undangan, sehingga tidak menimbulkan kemacetan, ” jelas Sekda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com