Mengintip Persiapan Pencoblosan di TPS Puri Subang Asri

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Sekitar 1.2 juta penduduk Kabupaten Subang akan memilih pada Pemilu 14 Februari 2024 besok.

Mereka akan memilih Pasangan Capres-cawapres, Calon Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Subang .

Pada Pilpres, warga Subang akan memilih satu dari tiga pasangan Capres-cawapres. Ketiga Pasangan Capres-cawapres itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabu minggu Raka dan Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sementara untuk Anggota DPR RI, mereka akan memilih sebanyak 132 kontestan dari Dapil Subang, Majalengka dan Sumedang. Untuk DPD, ada sebanyak 54 nama untuk memperebutkan empat kursi.

Demikian halnya untuk Anggota DPRD Jabar. Sementara untuk Anggota DPRD Subang, KPU Subang menetapkan 617 orang untuk merebutkan 50 kursi DPRD.

Baca Juga:  Pj Gubernur Jabar Ingatkan Daerah Antisipasi Bencana saat Pencoblosan

Untuk menghadapi pelaksanaan Pencoblosan Rabu besok, ribuan TPS sudah disiapkan panitia pemilihan. Salah satunya di Komplek Puri Subang Asri. Sejak beberapa hari lalu panitia sibuk mencari lokasi untuk TPS yang mudah diakses dan aman.

Dua hari lalu, petugas bersama warga setempat bergotong royong membuat TPS. H-1 pencoblosan, Dua TPS yang merupakan TPS terdekat dengan kantor KPU itu sudah siap.

Di Puri Subang Asri ada dua TPS, yakin TPS 008 dan TPS 009. Untuk TPS 008 terdapat 271 pemilih dari RT 66 dan RT 64. Sementara untuk TPS 009 terdapat 255 pemilih. Mereka berasal dari RT 65 dan RT 62.

Ketua RW 17 atau Puri Subang Asri, Nunu Nuradnan mengajak ratusan warganya itu untuk ikut partisipasi pada pesta demokrasi lima tahunan.

Baca Juga:  Menengok Peta Suara Capres Anies Baswedan, Prabowo dan Ganjar di Subang Kota

“Siapapun pemenangnya, pemilu harus Damai. Tetap menjaga silaturahmi dan kondusifitas walaupun berbeda pilihan, ” kata Nunu

Sekedar informasi, Pemilu 2024 mendatang diikuti 1.193.642 Pemilih di Kabupaten Subang. Dari jumlah tersebut, terpetakan untuk Generasi Z sebesar 17 persen, milenial 29 persen, generasi x 32 persen, baby boomer 20 persen dan pemilih Lansia 2 persen.

Sementara secara gender, dari 1.193.642 pemilih ini, pemilih perempuan jauh lebih besar dengan jumlah 600.065 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 593.577 orang. Mereka akan memilih di 4.824 tempat pemungutan suara yang tersebar di 253 desa di 30 kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com