Ragam  

Prakiraan Cuaca Jawa Barat, Rabu 18 Oktober 2023

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Bagi warga Jawa Barat, mengetahui perkiraan cuaca adalah hal penting untuk merencanakan aktivitas sehari-hari. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat, berikut adalah prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat pada tanggal 18 Oktober 2023:

Pagi Hari (07.00 – 13.00 WIB):

  • Cuaca pada pagi hari diperkirakan akan cerah berawan hingga berawan. Ini berarti Anda dapat menikmati matahari terbit yang indah di pagi hari.

Siang dan Sore Hari (13.00 – 19.00 WIB):

  • Selama siang dan sore hari, cuaca diperkirakan cerah hingga cerah berawan. Namun, perlu diwaspadai potensi hujan ringan hingga sedang pada skala lokal dan durasi singkat di beberapa wilayah, seperti Kota Depok, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten serta Kota Tasikmalaya. Selain itu, ada juga potensi hujan sedang hingga lebat pada skala lokal dan durasi singkat di beberapa wilayah lainnya, seperti Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, serta Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi.

Malam Hari (19.00 – 01.00 WIB):

  • Ketika malam tiba, cuaca diprediksi akan kembali cerah berawan hingga berawan. Meskipun demikian, tetap perlu waspada terhadap potensi hujan ringan hingga sedang pada skala lokal dan durasi singkat di beberapa wilayah seperti Kota Sukabumi, Kota Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cianjur. Di wilayah lainnya, terdapat potensi hujan sedang hingga lebat pada skala lokal dan durasi singkat, khususnya di beberapa bagian Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.

Dini Hari (01.00 – 07.00 WIB):

  • Pada dini hari, cuaca diprediksi akan tetap cerah berawan hingga berawan.

Suhu Udara:

  • Suhu udara di wilayah Jawa Barat diproyeksikan berkisar antara 17 hingga 38 derajat Celsius. Ini berarti ada perbedaan yang cukup signifikan antara pagi dan siang hari, sehingga penting untuk selalu siapkan pakaian yang sesuai.

Kelembapan Udara:

  • Kelembapan udara dapat bervariasi antara 40 hingga 97 persen. Perhatikan tingkat kelembapan ini untuk kenyamanan dan kesehatan Anda.

Angin:

  • Angin secara umum akan bertiup dari timur laut ke tenggara dengan kecepatan berkisar antara 05 hingga 55 km/jam.

Peringatan Dini:

  • Perlu diingat bahwa ada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi yang relatif singkat antara siang hingga malam hari di beberapa wilayah seperti Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, serta Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi. Selain itu, juga perlu waspada terhadap potensi peningkatan kecepatan angin di beberapa wilayah Jawa Barat.

Dengan demikian, warga Jawa Barat disarankan untuk selalu mengikuti perkembangan cuaca terbaru dari BMKG, terutama jika Anda memiliki rencana perjalanan atau aktivitas di luar ruangan. Keselamatan dan kenyamanan Anda adalah prioritas. Semoga cuaca baik dan aman bagi kita semua.