SATUSEHAT Mobile Sebagai Pengganti Pedulilindungi, Begini Cara Menggunakannya

Pandemi Covid-19 telah mendorong perkembangan teknologi untuk memudahkan pengendalian penyebaran virus dan memastikan kesehatan masyarakat. Salah satu alat penting dalam upaya ini adalah aplikasi ponsel, yang awalnya dikenal dengan nama Pedulilindungi dan kini telah berubah menjadi SATUSEHAT Mobile.

Aplikasi ini tidak hanya berfokus pada pemeriksaan sertifikat vaksinasi, tetapi juga menjadi sistem informasi kesehatan yang lebih luas, memungkinkan masyarakat untuk mengelola data kesehatan mereka dan mendapatkan informasi yang relevan.

Fitur Lengkap SATUSEHAT Mobile

Dengan menggantikan aplikasi Pedulilindungi, SATUSEHAT Mobile telah menghadirkan fitur-fitur lebih lengkap yang menjawab berbagai kebutuhan masyarakat terkait kesehatan. Aplikasi ini tidak hanya berfokus pada sertifikat vaksinasi Covid-19, tetapi juga menyediakan sistem informasi kesehatan yang mencakup pengendalian penyebaran virus dan manajemen data kesehatan umum.

Proses Pemeriksaan Sertifikat Vaksinasi

Langkah-langkah untuk melakukan pemeriksaan atau pengunduhan sertifikat vaksinasi dalam aplikasi SATUSEHAT Mobile cukup sederhana:

1. Update Aplikasi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT Mobile

Pastikan aplikasi PeduliLindungi di perangkat Anda telah diperbarui menjadi SATUSEHAT Mobile melalui App Store (untuk perangkat iOS) atau Play Store (untuk perangkat Android).

2. Masuk ke Aplikasi SATUSEHAT

– Buka aplikasi SATUSEHAT Mobile.
– Ikuti petunjuk yang diberikan di dalam aplikasi.
– Login menggunakan nomor telepon atau email yang terdaftar.

3. Akses Sertifikat Vaksinasi

– Setelah berhasil masuk ke laman utama aplikasi, klik tombol “Vaksin dan Imunisasi”.
– Pilih menu “Vaksin Dewasa”.
– Nama penerima vaksin akan muncul sesuai dengan akun yang digunakan.
– Anda dapat memilih nama penerima vaksin yang ingin Anda periksa atau unduh sertifikatnya.

4. Pilih Sertifikat yang Dicheck atau Diunduh

– Anda juga bisa menambahkan hingga 6 orang lain dalam akun yang sama.
– Setelah memilih nama, pilih sertifikat yang ingin Anda periksa atau unduh.
– Sertifikat yang terkait dengan dosis vaksin akan ditampilkan. Jika penerima vaksin sudah menerima booster kedua, akan ada empat sertifikat yang terkait.
– Pilih sertifikat yang ingin Anda periksa atau unduh.

5. Informasi dalam Sertifikat Vaksinasi

– Informasi dalam sertifikat vaksinasi Covid-19 akan ditampilkan, termasuk nama, NIK, tanggal lahir penerima, jenis vaksin yang diterima, serta tanggal dan lokasi pemberian vaksin.

6. Unduh Sertifikat

– Untuk mengunduh sertifikat, tekan tombol “Unduh Sertifikat” yang terletak di bagian bawah layar.

7. Penyimpanan Sertifikat

– Setelah berhasil mengunduh sertifikat vaksin, Anda dapat mengeceknya di folder “File” pada perangkat iOS atau folder “file/download” pada perangkat Android.

Aplikasi SATUSEHAT Mobile bukan hanya menjadi pengganti Pedulilindungi dalam hal pemeriksaan sertifikat vaksinasi, tetapi juga membawa kemudahan akses informasi kesehatan yang lebih luas. Dengan langkah-langkah yang sederhana, masyarakat dapat dengan mudah mengelola data kesehatan mereka sendiri dan turut berkontribusi dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19.