Waspada! 6 Bahaya Ini Mengintaimu Bila Malas Mengunyah dan Makan Terburu-buru

SUBANG, TINTAHIJAU.COM – Kali ini kita akan membahas tentang 6 bahaya jika kamu malas mengunyah dan makan terburu-buru.

Hal ini sejalan dengan ajaran Islam bahwa makan dengan tergesa-gesa merupakan perilaku setan, dan Rasulullah Saw bersabda:

“Jika seorang di antara kalian makan, maka jangan tergesa-gesa sampai dia menuntaskan makanannya. Meskipun iqomah sudah dikumandangkan.” (H.R Bukhari).

Begitu pun berdasarkan dunia kesehatan, jika makan dalam keadaan tergesa-gesa maka berbagai penyakit akan mengintaimu.

Di bawah ini adalah 6 bahaya bila kamu malas mengunyah dan makan terburu-buru.

  1. Obesitas

Penelitian yang publis di Jurnal Pub Med pada November 2015 menyebutkan, bahwa orang yang makan dengan cepat memiliki kemungkinan dua kali lebih besar mengalami obesitas dibanding yang makan secara perlahan.

Baca Juga:  Mengenal Makna Malam Jumat Menurut Agama dan Budaya

Otak setidaknya butuh waktu 20 menit untuk menyadari rasa kenyang. Jadi, jika kamu makan terburu-buru kamu tidak menyadari telah mengonsumsi lebih banyak kalori dari jumlah yang dibutuhkan tubuh.

  1. Resistensi insulin

Makan terlalu cepat menyebabkan kenaikan glukosa yang lebih besar, sehingga risiko resistensi insulin juga lebih tinggi.

Resistensi insulin adalah kondisi saat tubuh tidak bisa menggunakan gula darah dengan seharusnya karena respons tubuh terhadap insulin terganggu.

  1. Diabetes tipe 2

Penelitian yang publis pada April 2013 di Jurnal Med menunjukkan orang yang terbiasa makan dengan cepat memiliki 2,5 kali lebih mungkin terkena diabetes dibanding yang makan perlahan.

  1. Sindrom metabolik

Merupakan kumpulan faktor yang bisa memicu penyakit jantung dan stroke. Seperti tekanan darah tinggi, lemak dalam darah tinggi, gula darah tinggi, rendahnya kolesterol baik dan lingkar pinggang yang besar.

  1. Kesehatan pencernaan yang buruk
Baca Juga:  Okupansi Penumpang di Bandara BIJB Kertajati Majalengka Capai 71 Persen

Kesehatan pencernaan yang buruk akan mengintaimu, hal Ini terjadi karena mengunyah makanan dalam waktu terlalu singkat dapat mempengaruhi rangkaian proses mencerna makanan itu.

  1. Selalu tidak puas

Orang yang makan dengan cepat, kemungkinan tidak dapat merasakan kenikmatan dari makanan itu sendiri.

Sehingga meski sudah makan makanan lezat dan sehat, sering kali kita merasa tidak puas.

Demikianlah ulasan tentang 6 bahaya jika kamu malas mengunyah dan makan secara terburu-buru yang dilansir tintahijau.com dari gooddoctor.id. Senin, (5/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com