Bukan Hanya Ada di Ponsel Samsung, Fitur Circle to Search Juga Bakal Tersedia di Ponsel Android Lainnya

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Ponsel Samsung Galaxy S24 series menggebrak pasar dengan sejumlah fitur canggih, termasuk fitur inovatif bernama Circle to Search.

Kabar baik bagi para pengguna Android, dimana fitur ini tidak hanya tersedia di ponsel Galaxy S24 namun juga akan segera merambah ke lebih banyak ponsel dalam beberapa bulan mendatang.

Pernyataan resmi dari Samsung, yang membahas lonjakan pemesanan Galaxy S24 series di Belanda, mengungkapkan bahwa pre-order untuk ponsel flagship ini melonjak hingga 50% di Negeri Kincir Angin. Namun, sorotan utama adalah janji Samsung untuk membuat fitur Circle to Search tersedia pada ponsel Android lainnya mulai Oktober 2024.

Meski demikian, Samsung menegaskan bahwa saat ini tidak ada upaya aktif dalam pengembangan untuk mengintegrasikan fitur Circle to Search ke dalam ponsel Android selain miliknya. Pernyataan ini mencerminkan fakta bahwa hak eksklusif untuk fitur tersebut masih dipegang oleh Samsung dan Google selama beberapa bulan mendatang.

Baca Juga:  Google Resmi Ganti Nama Bard AI Menjadi Gemini

Samsung menjelaskan, “Circle to Search mungkin akan tersedia di perangkat Android dari brand lainnya mulai 5 Oktober 2024, tapi tidak ada pengembangan aktif yang dilakukan untuk hal ini,” sebagaimana dilaporkan oleh GSM Arena pada Senin, 5 Februari 2024.

Penting untuk dicatat bahwa fitur Circle to Search bukanlah hasil pengembangan eksklusif Samsung, melainkan kerja sama antara Samsung dan Google. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan pencarian dengan mudah hanya dengan menahan tombol home dan melingkari objek di layar, memberikan hasil pencarian yang relevan dari Google.

Keberadaan fitur Circle to Search memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian Google tanpa harus beralih aplikasi. Sebagai contoh, ketika pengguna menemukan tas atau sepatu menarik di YouTube Shorts, mereka dapat langsung menggunakan fitur Circle to Search untuk mencari informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.

Baca Juga:  Apple Catat Sejarah Baru, Tidak Ada Produk iPad di 2023

Meskipun belum diumumkan secara spesifik, ponsel Android dari berbagai merek akan dapat menikmati fitur Circle to Search mulai 5 Oktober 2024. Namun, perlu diingat bahwa saat ini belum ada pengembangan aktif dari pihak Samsung untuk mengintegrasikan fitur ini ke ponsel Android dari produsen lain.

Sementara menunggu kehadiran fitur Circle to Search di ponsel non-Samsung dan Pixel, pengguna Android dapat tetap melakukan pencarian berbasis gambar menggunakan Google Lens sebagai alternatif yang sudah tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com