Sejarah Perjalanan Perusahaan Microsoft

Kantor Microsoft | Foto: Microsoft News

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Microsoft adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar dan tersukses di dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975 dengan nama Microsoft, yang merupakan gabungan dari kata microcomputer dan software.

Awalnya, Microsoft berfokus pada pengembangan dan penjualan penerjemah bahasa pemrograman BASIC untuk komputer pribadi pertama di dunia, yaitu Altair 8800.

Pada tahun 1980, Microsoft mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan IBM, perusahaan raksasa di bidang komputer, untuk membuat sistem operasi untuk komputer pribadi IBM-PC.

Microsoft membeli sebuah sistem operasi bernama QDOS, yang kemudian dimodifikasi dan diberi nama MS-DOS. Sistem operasi ini menjadi sangat populer dan digunakan oleh hampir semua produsen komputer pribadi pada saat itu.

Pada tahun 1985, Microsoft meluncurkan sistem operasi baru yang revolusioner, yaitu Windows. Windows adalah sistem operasi yang menggunakan antarmuka grafis, yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer tanpa harus mengetik perintah. Windows juga mendukung penggunaan mouse, yang menjadi alat input yang penting.

Baca Juga:  Apple Rekrut Tim Hacker untuk Tingkatkan Keamanan pada iPhone

Windows terus berkembang dan mengalami banyak versi, seperti Windows 3.0, Windows 95, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11.

Selain sistem operasi, Microsoft juga mengembangkan berbagai produk perangkat lunak lainnya, seperti Microsoft Office, yang merupakan paket aplikasi perkantoran yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, dan lain-lain.

Microsoft Office menjadi standar industri dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Microsoft juga membuat produk perangkat lunak untuk bidang pendidikan, hiburan, komunikasi, dan internet, seperti Encarta, MSN, Skype, Bing, dan Edge.

Microsoft tidak hanya bergerak di bidang perangkat lunak, tetapi juga perangkat keras. Microsoft memproduksi berbagai perangkat keras, seperti keyboard, mouse, webcam, headset, dan lain-lain.

Baca Juga:  Inilah 7 Layanan Ojol yang Pernah Bersinar di Indonesia Namun Kini Meredup

Microsoft juga membuat perangkat komputer sendiri, seperti Surface, yang merupakan komputer tablet yang dapat berubah menjadi laptop. Tidak hanya itu, perusahaan yang bermarkas di Redmond ini juga membuat konsol game, yaitu Xbox, yang menjadi salah satu konsol game terpopuler di dunia.

Microsoft telah menjadi perusahaan yang sangat berpengaruh dan berkontribusi dalam perkembangan teknologi informasi. Microsoft juga menjadi salah satu perusahaan dengan nilai pasar tertinggi di dunia.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, menjadi salah satu orang terkaya di dunia dan juga dikenal sebagai filantropis yang peduli dengan isu-isu sosial dan kesehatan. Microsoft terus berinovasi dan menciptakan produk-produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat di era digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com