5 Kebiasaan Pemicu Kolesterol Tinggi di Usia Muda, Nomor 5 Sering Jadi Candu

SUBANG, TINTAHIJAU.COM – Bukan tidak mungkin orang di usia muda memiliki kadar HDL (kolesterol baik), LDL (kolesterol jahat), dan kolesterol total di luar batas normal. Beberapa faktor seperti pola makan, genetik, dan berat badan bisa menyebabkan anak muda terserang kondisi ini.

Penting untuk mengambil langkah preventif agar kolesterol tinggi tidak menyerang. Salah satu cara yang penting adalah dengan menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk di bawah ini.
Kebiasaan Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda

Ini beberapa kebiasaan yang harus dihindari agar kolesterol tinggi tidak menyerang anak muda:

Baca Juga:  Manfaat Luar Biasa Air Rebusan Daun Mangga untuk Kesehatan

1. Pola makan yang buruk

Konsumsi makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans tinggi bisa meningkatkan produksi kolesterol oleh hati melebihi kebutuhan tubuh. Contoh makan tersebut adalah keju tinggi lemak, daging berlemak, susu kental manis, mentega, atau makanan olahan yang digoreng seperti keripik.

Makanan di atas tinggi lemak trans dan lemak jenuh. Untuk menjaga pola makan yang sehat, anak usia 4-18 tahun disarankan makan 25-35% lemak dari total kalori harian.

Mau tahu obat kolesterol apa saja yang mudah dicari? Baca selengkapnya di sini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Kolesterol Paten yang Ampuh di Apotek”.

Baca Juga:  Hati-hati!, Pengidap Penyakit Ini Dilarang Minum Air Kelapa

2. Keseringan duduk

Siapa yang sering menghabiskan waktu luang duduk menonton tv atau main games berjam-jam seharian? Yuk ubah kebiasaan ini. Sebab ketika kamu terlalu sering duduk, kemampuan enzim yang mengubah kolesterol LDL menjadi kolesterol HDL turun hingga 95%. Hal ini dapat menyebabkan risiko serangan jantung sebesar 30%.

Lawan rasa malas dan coba lah berdiri setiap 30 menit atau berjalan selama lima setiap jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com