Anggota DPRD Jabar Desak Pemprov dan Pemkab Siapkan Infrastuktur dan SDM Untuk Calon Daerah Otonom Subang Pantura

SUBANG, TINTAHIJAU.COM – Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Pepep Saepul Hidayat, menyambut positif dengan disetujuinnya Calon Daerah Otonomi Baru(CDPOB) Kabupaten Subang Utara.

Dikutip dari tribunjabar, Pepep mengungkapkan, CDPOB Kabupaten Subang Utara ini terwujud berkat kerja kolektif seluruh stakeholders termasuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait pemekaran daerah otonom baru di kawasan utara Jabar.

“Alhamdulillah, Subang Utara daerah ke 9 di Jawa Barat yang akan menjadi CDPOB untuk pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Pepep Saepul Hidayat

Sebagai konsekwensinya, Ketua DPW PPP Jabar itu mendorong Pemprov Jabar dan Kabupaten Induk mulai dari sekarang harus mempersiapkan infrastruktur dasar untuk mendukung pemenuhan klasifikasi menjadi daerah otonomi baru.

Baca Juga:  Catat! Inilah Besaran Iuran BPJS Kesehatan Terbaru Tahun 2024

“Untuk itu Pemprov Jabar dan Kabupaten Subang tentunya mulai dari sekarang harus sudah mempersiapkan infrastruktur dasar itu harus disiapkan seperti kantor pemerintahan dan kantor-kantor pelayanan Publik serta infrastruktur penunjang pemerintahan lainnya” katanya

Tak hanya infrastruktur pemerintahan, infrastruktur kesehatan dan jalanpun harus sudah dipersiapkan. “Sejauh ini jalan di Pantura masih banyak ditemukan jalan yang rusak, bahka belum memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sejauh ini banyak warga Pantura memilih berobat ke kabupaten tetangga seperti Karawang,Purwakarta dan Indramayu karena tak ada RSUD di Pantura,” ungkapnya

Selain itu, Pemprov Jabar dan Pemkab Subang juga harus bisa menanggulangi bencana banjir yang hampir setiap tahun melanda wilayah Pantura. Karena menurutnya, setiap kali dirinya melakukan reses di Pantura, keluhannya dan aspirasi masyarakat menginginkan jalan yang bagus, perbaikan irigasi dan normalisasi serta fasilitas kesehatan.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Siapkan 13 Kota Industri, Akan Buka 4,5 Juta Lowongan Pekerjaan

“Mitigasi bencana sangat diperlukan dan juga melakukan normalisasi sungai-sungai besar seperti sungai Cipunagara, Ciasem, Cilamaya yang setiap musim hujan selalu meluap membanjiri pemukiman penduduk di wilayah Pantura,” ucapnya

Pepep juga mengaku optimis, jika kelak terwujud, Kabupaten Subang Utara bisa maju dan sejahtera karena ditopang dengan masuknya Kawasan Industri dan adanya pelabuhan internasional Patimban.

“Ke depan Subang Utara ini ekonominya akan jauh lebih maju dengan adanya Kawasan Industri segitiga rebana dan Pelabuhan Internasional Patimban,” katanya

Tak hanya itu, kedepan Subang Utara juga akan menjadi daerah urbanisasi penduduk dari berbagai wilayah, karena adanya kawasan Industri di Kabupaten Subang dan Pantura.

Baca Juga:  Menkominfo Ajak Anak Muda Agar Tidak Golput Saat Pemilu di Tanggal 14 Februari Nanti

“Rencana pemerintah membangun industri besar dan memindahkan sejumlah kawasan industri ke Subang, seperti Kawasan Industri Pulogadung, begitu juga dengan PT Pindad dan PT Dirgantara Indonesia yang rencananya juga akan dipindahkan ke Subang,” tuturnya.

Maka dari itu, Pemerintah dalam hal ini Kabupaten Subang, harus mampu mempersiapkan SDM penduduknya lebih terampil dan kompeten di bidang industri, agar warga Subang tak jadi penonton di daerah sendiri.

“SDM harus dipersiapkan dari sekarang, terutama di bidang Industri, agar warga Subang mampu ikut berkontribusi bekerja di daerah sendiri dan tak jadi penonton atau tersisihkan oleh warga pendatang,” ucap Pepep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com