Ragam  

Jatuh Bangun Perumda Tirta Rangga Subang Lewati Musim Kemarau Panjang dan Hadapi Musim Hujan

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Setelah berhasil melewati musim panas ekstrem elnino, Perumda Tirta Rangga Subang (TRS) kini bersiap menghadapi musim hujan.

Perumda TRS berhasil melewati musim kemarau panjang beberapa waktu lalu. Perusaahan air minum itu berjuang keras untuk memastikan pelanggan tetap terlayani di tengah penurunan debit sungai dan mata air.

Tim teknis Perumda TRS selama musim panas berhasil mengupayakan layanan air tetap lancar. Sejumlah daerah yang rawan, seperti di wilayah Pantura dan selatan masih tetap bisa terlayani. Di wilayah Pantura, Perumda TRS mengandalkan pasokan air baku dari Tarum Timur. Sedangkan di wilayah selatan dari sumber mata air.

Baca Juga:  Jadwal Layanan Samsat untuk daerah Subang Pada 13 Februari 2024

“Alhamdulillah kami bisa mempertahankan layanan. Saat musim kemarau ekstrem, elnino, pasokan air ke pelanggan tetap lancar. Semua ini atas kerjasama yang solid para kepala bagian dan tim di semua cabang unit layanan. Tahun-tahun sebelumnya, sejumlah titik di wilayah Subang kota biasanya terganggu. Tahun ini justru lancar,” kata Direktur Utama Perumda TRS, Lukman Nurhakim.

Menurut Lukman, pihaknya memang bekerja ekstra untuk menghadapi musim panas selama tiga bulan tidak ada hujan antara Agustus hingga Oktober. Sejak awal melakukan mapping wilayah rawan layanan, pemeriksaan rutin, perbaikan infrastruktur jaringan hingga membentuk tim penanganan kebocoran atau yang disebut tim NRW (non revenue water).

Baca Juga:  Empat Perusahaan Kantongi Izin Usaha Kawasan Industri di Kabupaten Subang

Lebih jauh Lukman menjelaskan, tim produksi distribusi, perawatan, operator, perencanaan teknis dan khususnya tim di cabang unit bekerja lebih ekstra selama musim kemarau. Selain itu, manajemen juga membuat program peningkatan penerimaan pendapatan. Sehingga cashflow tetap terjaga dan terjadi peningkatan.