Keajaiban Shalat Hajat, Lakukan 7 Hari Berturut-turut Agar Keinginan Tercapai

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Salat hajat, seperti namanya, adalah sebuah bentuk ibadah yang dilakukan dengan harapan agar Allah SWT memberikan kemudahan dalam mewujudkan berbagai cita-cita dan keinginan kita.

Cita-cita ini bisa berupa apapun, seperti mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, melunasi utang, atau memenuhi kebutuhan mendesak lainnya. Keutamaan salat hajat didasarkan pada anjuran yang tercantum dalam sebuah hadis, yang menunjukkan pentingnya melibatkan Allah dalam setiap aspek kehidupan kita.

Hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dan An-Nasa’i mengarahkan kita untuk berwudhu dengan baik, kemudian melaksanakan dua rakaat salat hajat, diikuti dengan memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Dari hadis tersebut, tergambar bahwa semakin rajin kita melaksanakan salat hajat, semakin cepat pula Allah mengabulkan doa-doa kita. Bahkan, ada keyakinan bahwa keajaiban salat hajat dapat terwujud jika dilakukan selama tujuh hari berturut-turut.

Berikut beberapa keajaiban yang mungkin terjadi ketika kita rutin melaksanakan salat hajat selama tujuh hari berturut-turut:

1. Dikabulkannya Doa dengan Cepat
Doa adalah sarana komunikasi antara hamba dan Sang Pencipta. Salat hajat dilakukan dengan rasa memohon yang tulus kepada Allah, dan ini membuat doa kita menjadi lebih kuat. Salah satu keajaiban utama dari salat hajat adalah bahwa doa-doa kita lebih cepat terkabul. Tidak ada batasan dalam hal apa yang bisa kita minta dalam doa kita, karena Allah Maha Kuasa dan Maha Mendengar.

Baca Juga:  Keutamaan Menjaga Silaturahmi dalam Islam

2. Perlindungan dan Bimbingan Allah
Melalui salat hajat, kita bukan hanya meminta keinginan kita terkabul, tetapi juga meminta bimbingan dan perlindungan Allah. Keajaiban lainnya dari salat hajat adalah bahwa Allah akan membantu kita menemukan jalan terbaik menuju tujuan kita. Allah-lah yang mengarahkan kita menuju pilihan yang terbaik dalam menjalani kehidupan kita.

3. Peningkatan Derajat di Mata Allah
Setiap ibadah yang dilakukan dengan tulus mendekatkan kita kepada Allah. Salat hajat adalah bentuk ibadah yang dilakukan dengan niat yang tulus untuk memohon pertolongan Allah. Salah satu keajaiban yang bisa terjadi adalah peningkatan derajat kita di mata Allah. Allah tidak hanya mengabulkan permintaan kita, tetapi juga meningkatkan kedudukan kita sebagai hamba yang taat dan disayangi-Nya.

4. Ketenangan Hati dan Pikiran
Melalui salat hajat, kita memahami bahwa apapun masalah atau cita-cita yang kita hadapi, Allah adalah sumber kekuatan yang tak terbatas. Keajaiban lainnya dari salat hajat adalah mendapatkan ketenangan hati dan pikiran. Kita merasa tenang karena kita sadar bahwa Allah adalah pemegang kendali atas segala hal.

Baca Juga:  Kisah Nabi Yunus dan Doa yang Dipanjatkannya Ketika Berada di Dalam Perut Ikan Paus

5. Kemudahan Menghadapi Kesulitan
Salat hajat mengajarkan kita untuk memiliki keyakinan penuh pada Allah, bahkan ketika kita menghadapi kesulitan. Keajaiban terakhir dari salat hajat adalah bahwa kita akan lebih mudah menghadapi cobaan dan kesulitan dalam hidup. Kita memiliki keyakinan bahwa apa pun yang Allah berikan kepada kita adalah bagian dari rencana terbaik-Nya.

Tata Cara Melaksanakan Salat Hajat

Setelah mengetahui potensi keajaiban dari salat hajat selama tujuh hari berturut-turut, penting juga untuk memahami tata cara melaksanakannya. Salat hajat dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada beberapa waktu yang terlarang seperti:

1. Antara waktu subuh hingga terbit matahari.
2. Dari matahari terbit hingga sekitar 15 menit setelah matahari terbit.
3. Ketika matahari berada di atas kepala, tidak condong ke timur atau barat, hingga matahari tergelincir ke barat.
4. Waktu Ashar hingga sebelum matahari terbenam.
5. Saat matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sepenuhnya.

Baca Juga:  Resmikan Masjid Syarief Abdurachman Cirebon, Wapres: Selain Ibadah, Ini Sebagai Pusat Pembinaan

Niat dan jumlah rakaat

Seperti sholat dhuha dan tahajud, sholat hajat bisa dilakukan sebanyak 2 hingga 12 rakaat. Namun, dalam pelaksanaannya, lakukanlah tiap 2 rakaat.

Ada pun niat melaksanakan sholat hajat adalah:

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya:

“Aku berniat sholat hajat sunnah hajat dua raka’at menghadap ke kiblat karena Allah Ta’ala.”

Doa setelah sholat hajat

Usai melaksanakan sholat hajat, dianjurkan bagimu membaca doa-doa selepas sholat hajat, yaitu:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih

Kemudian, kamu bisa menyebutkan apa saja yang sedang ingin kamu wujudkan saat ini. Berdoalah dengan meminta kemudahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Jadi, itulah pembahasan keajaiban sholat hajat 7 hari berturut-turut dan tata cara melaksanakannya yang bisa kamu lakukan saat mempunyai keinginan. Semoga bisa membantumu ya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com