Mengenal Kecanggihan Pesawat dan Heli yang Menari HUT RI ke-78

Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf Baca artikel detikinet, "Kecanggihan Pesawat & Helikopter Menari yang Meriahkan HUT ke-78 RI" selengkapnya https://inet.detik.com/science/d-6881526/kecanggihan-pesawat--helikopter-menari-yang-meriahkan-hut-ke-78-ri. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta (17/8) disajikan dengan penghiburan pesawat dan ‘helikopter menari’ oleh Tim Aerobatik Jupiter dan Tim Pegasus Dinamis dari TNI Angkatan Udara.

Berdasarkan tayangan langsung di YouTube Sekretariat Negara, aksi atraktif ini dimulai setelah upacara protokoler selesai.

Atraksi dimulai dengan flypass dan gerakan aerobatik dari pesawat Tim Aerobatik Jupiter, selanjutnya helikopter Pegasus Dinamis bergabung menari di udara bersama peserta upacara sambil ditemani oleh lagu ‘Gemu Famire’. Terlihat bahwa enam pesawat dari Tim Jupiter dan empat helikopter turut memeriahkan suasana.

Baca Juga:  Lebih Fresh! Ini Sinopsis Film Catatan Si Boy yang Tayang 17 Agustus Nanti

Jadi, apa saja spesifikasi pesawat dan helikopter aerobatik tersebut?

KT-1B Wong Bee dari Tim Aerobatik Jupiter

Tim Aerobatik Jupiter dikenal dengan pertunjukan aerobatik menggunakan pesawat bermesin baling-baling. Sehingga, setiap gerakan yang ditampilkan oleh tim ini dapat dilihat dengan jelas oleh penonton.

Pesawat yang digunakan oleh tim aerobatik ini adalah KT-1B, yang biasa disebut sebagai ‘Wong Bee’, yang diproduksi oleh perusahaan pesawat Korea Selatan, Korea Aerospace Industries (KAI).

Sebenarnya, pesawat ini adalah pesawat latih yang digunakan untuk melatih pilot tempur sebelum terbang dengan pesawat tempur.

Baca Juga:  Tips Agar Rambut Wangi Sepanjang Hari

Menurut informasi dari situs resmi KAI di detikINET, KT-1B memiliki panjang 10,3 meter, tinggi 3,7 meter, dan lebar sayap 10,6 meter. Wong Bee ditenagai oleh mesin propeler dengan daya 950 HP yang memungkinkannya mencapai kecepatan 350 knot (650 Km/jam).

Selain itu, pesawat ini memiliki kanopi pilot yang memberikan pandangan luas kepada pilot dan beberapa instrumen avionik digital.
EC120B Colibri dari Tim Pegasus Dinamis

Sementara Tim Aerobatik Jupiter menggunakan pesawat dari Korea Selatan, Tim Pegasus Dinamis yang khusus mengoperasikan helikopter aerobatik menggunakan helikopter dari pabrikan Prancis, yaitu EC120 ‘Colibri’, yang diproduksi oleh Airbus Eurocopter.

Baca Juga:  Realisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri Regional Jawa Lampaui Target

Berdasarkan informasi dari situs resmi Airbus, helikopter ini adalah helikopter ringan dengan satu mesin yang dirancang untuk berbagai tujuan, mulai dari penegakan hukum hingga tugas pemerintah dan bisnis.

Dengan berat kosong sekitar 991 kg dan ditenagai oleh mesin Turbomeca berkekuatan 504 HP, helikopter ini memiliki kemampuan untuk melakukan gerakan lincah yang diperlukan dalam pertunjukan aerobatik. Dynamic Pegasus menunjukkan hal ini dengan membuat Colibri sebagai helikopter aerobatik mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com