Pemilu di Depan Mata, Inilah Tips Tetap Sehat dan Bugar untuk Petugas KPPS Saat Menjalankan Tugas

SUBANG, TINTAHIJAU.COM – Pelaksanaan Pemilu 2024 yang digelar 14 Februari sudah di depan mata. Petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara atau KPPS dipastikan bakal ekstra sibuk.

Semangat menjalankan tugas dan bertanggung jawab atas kerjanya, jangan sampai melupakan pentingnya kesehatan. Kadang kala, saking sibuknya menyiapkan kegiatan di hari H, petugas KPPS lupa dengan kondisi kesehatan dan tubuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Subang, dr Maxi mengimbau petugas KPPS untuk menjaga kesehatan sehingga tidak menjadi bumerang pada saat melaksanakan tugasnya di hari H Pencoblosan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Dia juga mengimbau KPPS memperhatikan empat poin, agar badan tetap fit, dan bugar selama menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemungutan suara

Baca Juga:  Presiden Jokowi Minta Tunggu Hasil Resmi KPU, Ada Pelangaran Laporkan ke Bawaslu!

“Bagi petugas KPPS yang punya potensi sakit misalnya kencing manis, riwayat penyakit jantung atau hipertesi, secara rutin untuk memeriksakan diri dan meminum obatnya,” kata dr Maxi

Pesan kedua dr Maxi adalah petugas KPPS tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolaharaga kecil dan meminum suplemen kesehatan.

“Kedua melakukan kegiatan yang membuat tubuh bugar, seperti jalan pagi kalau perlu minum suplemen. Yang ketiga mengukur kemampuan. jangan sampai sudah pusing sudah lemas jangan dipaksakan. Aturannya kalau kita bekerja 2-3 jam dalam posisi yang sama, harus relaksasi,” paparnya.

Dan poin keempat, petugas KPPS mengkonsumsi makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna, kecuali ada hal yang tidak boleh atau dikurangi karena menderita sakit.

Baca Juga:  Jangan Dianggap Sepele, Ada Bahaya Besar Saat Gunakan Ponsel Sambil Berjalan

Hal yang perlu juga diperhatikan oleh petugas KPPS adalah mengkonsumsi minuman kopi. Dr Maxi tidak menyarankan petugas KPPS untuk memium Kopi secara berlebihan karena akan berdampak pada tubuh.

“Sebenarnya kafein bagus untuk otak, karena menjernihkan dan membuat orang segar. Tapi yang jeleknya, misalnya prilaku tidur orang. dia bisa memperpanjang rasa tidak mengantuk, dan debaran jantung. Artinya jika minum jangan berlebihan, karena ada acara, jadi 3-4 kali nambahnya, itu sangat tidak baik. Cukup satu gelas lah,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com