Penderita Diabetes di Kabupaten Subang Tembus 16.830 Orang

SUBANG, TINTAHIJAUcom – Jumlah penderita diabetes di Kabupaten Subang mencapai 16.830 orang. Jumlah tersebut terjadi sejak tahun 2020 lalu.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Akan tetapi, pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Kadar gula (glukosa) dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Namun, pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Baca Juga:  Paguyuban Sadulur Enhar Subang Gelar Aksi Peduli Kesehatan

Glukosa yang tidak diserap sel tubuh dengan baik akan menumpuk dalam darah. Kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Jika tidak terkontrol dengan baik, diabetes dapat menimbulkan komplikasi yang berisiko mengancam nyawa penderitanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang H. Asep Nuroni mengajak penderita diabetes untuk selalu lebih dalam mengetahui tentang penyakit ini, apa penyebabnya, dan bagaimana pencegahan serta penyembuhan nya

“Tetap semangat kalian tidak sendiri, semoga persadia bisa menjadi wadah bagi kita bukan hanya untuk penderita tetapi untuk kita semua,” kata Asep saat Hari Diabetes Nasional Tahun 2023 di Kawasan Ciater Subang

Baca Juga:  Jadwal SIM Keliling di Kabupaten Subang Tanggal 8 Desember 2023

Pada peringatan Hari Diabetes ini, Ketua pelaksana dr. Roosmalia Ponti Harfadiani, Sp.PD mengatakan disediakan fasilitas untuk pengecekan gula darah gratis dan pemeriksaan darah, selain itu juga disediakan both-both untuk bisa mencicipi diabetasol secara gratis.

Warga yang hadir juga bisa memanfaatkan pelayanan dokter spesialis seperti dokter spesialis dalam, dokter spesialis saraf, dokter spesialis jantung dan dokter spesialis mata

Di acara yang sama dimeriahkan oleh lomba-lomba yang terdiri dari lomba senam, perlombaan edukatif fun walk, kreasi menu, mars persadia, tiktok edukasi dan lainnya.

Baca Juga:  Memasuki Bulan Rajab, Berikut Bacaan Doa yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Reporter: Nabhan Almuhabbir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com