Pesta Kemerdekaan, Warga Majalengka Gelar Festival Pecunan

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com – Ratusan warga di wilayah Utara Majalengka, tepatnya di Desa Jatitujuh Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka Jawa Barat antusias menonton Festival Pecunan, dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Lomba yang digelar di Sungai Cipelang berdekatan dengan Sasak Beureum tersebut menyuguhkan lomba Rakit Hias dan Balap Perahu atau sering disebut lomba Pecunan.

Ketua pelaksana Festival Pecunan, Sarifudin Rahmat menerangkan sedikitnya terdapat 12 peserta perahu hias, sementara untuk balap perahu disediakan 2 buah perahu dengan peserta masing-masing 2 orang

Baca Juga:  Hadirkan Ide Usaha, DWP Kabupaten Subang Gelar Pelatihan Ecoprint

“Kita mengadakan lomba 17 Agustus-an namanya festival pecunan. Didalamnya ada lomba rakit hias, jadi setiap masyarakat dari Desa Jatitujuh ataupun luar Desa Jatitujuh bisa mengikuti lomba ini dengan menghias takut  dari bahan Gedebong Pisang atau pun Bambu atau Botol Bekas air mineral yang dirakit sehingga bisa berupa apa saja,” Papar Sarifudin, Kamis (17/8/2023).

Sedangkan kegiatan kedua, kata dia adalah lomba pecunan ataupun balap perahu, atau secara tradisi namanya sering disebut lomba pecunan.

Baca Juga:  Penderita Diabetes di Kabupaten Subang Tembus 16.830 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com