Jarang Diketahui, Ternyata Ada Manfaat Lakukan Seks Saat Kehamilan

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Mitos yang menyebutkan bahwa seks selama kehamilan bisa berakibat pada keguguran masih sering beredar di masyarakat. Namun, kenyataannya, seks selama kehamilan justru memiliki sejumlah manfaat yang bisa membantu ibu hamil. Agar tidak bingung, mari kita bahas lima manfaat seks selama kehamilan yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Orgasme

Selama kehamilan, organ intim wanita menjadi lebih sensitif. Ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke organ reproduksi, serta peningkatan hormon seperti progesteron, estrogen, dan oksitosin yang membuat wanita lebih bergairah saat berhubungan seks. Dampaknya, kualitas orgasme meningkat, memberikan pengalaman yang lebih memuaskan.

Baca Juga:  Asupan yang Perlu Dihindari Setelah Mengonsumsi Semangka

2. Memperkuat Otot Panggul

Otot panggul yang kuat memiliki peran penting dalam persalinan. Oleh karena itu, memperkuat otot ini selama kehamilan adalah langkah bijak. Seks selama kehamilan, yang juga dapat meningkatkan orgasme, akan merangsang kontraksi otot panggul ibu hamil. Ini membantu memperkuat otot-otot yang diperlukan selama persalinan dan memfasilitasi pemulihan setelah melahirkan.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Selama kehamilan, aliran darah meningkat hingga dua kali lipat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh karena itu, penting untuk menjaga peredaran darah yang lancar. Seks selama kehamilan dapat membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke janin, serta memastikan kesehatan ibu dan bayi.

Baca Juga:  Kenali Tandanya Jika Kulit Kamu Over Exfoliation, Begini Cara Mencegahnya

4. Mencegah Preeklampsia

Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan seks secara teratur dapat membantu mencegah preeklampsia, kondisi medis yang serius selama kehamilan. Sperma mengandung protein yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Meskipun demikian, karena penyebab preeklampsia belum sepenuhnya dipahami, ibu hamil tetap disarankan untuk rutin memeriksakan kandungan kepada tenaga medis profesional.

5. Meningkatkan Kebahagiaan

Ibu hamil seringkali mengalami perasaan cemas dan stres. Salah satu cara untuk mengatasi perasaan ini adalah dengan berhubungan seks. Seks selama kehamilan, terutama jika mencapai orgasme, akan memicu pelepasan hormon endorfin yang dapat meningkatkan perasaan bahagia dan rileks. Hormon oksitosin yang dilepaskan saat orgasme juga dapat meningkatkan rasa cinta dan kehangatan.

Baca Juga:  Manfaat Mengkonsumsi Teh Serai Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam semua hal ini, komunikasi yang baik antara pasangan sangat penting. Pastikan Anda dan pasangan merasa nyaman dan aman saat berhubungan seks selama kehamilan. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau masalah kesehatan tertentu, selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melanjutkan aktivitas seksual selama kehamilan. Yang terpenting, seks selama kehamilan dapat menjadi pengalaman yang positif dan membawa manfaat kesehatan serta kebahagiaan bagi ibu dan bayi yang dikandungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com