Penelitian Membuktikan Irisan Mentimun Bisa Bikin Mata Lebih Cantik dan Sehat

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Mentimun bukan hanya sekadar sayuran penyegar dalam salad atau bahan dasar dalam makanan penutup segar. Ternyata, mentimun juga memiliki manfaat luar biasa untuk perawatan kecantikan, terutama dalam mengatasi masalah mata bengkak, lelah, dan lingkaran hitam. Sebagai bahan alami yang mudah diakses, mentimun dapat menjadi solusi sederhana yang patut dipertimbangkan dalam rutinitas kecantikan Anda.

Penelitian yang Dilakukan

Penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan seperti Pulok K Mukherjee, Neelesh K. Nema, Niladri Maity, dan Birendra K. Sarkar pada tahun 2013 telah mengungkapkan bahwa jus mentimun memiliki potensi untuk mengatasi masalah pembengkakan pada mata. Studi yang dipublikasikan dalam PubMed Central ini menunjukkan bahwa jus mentimun memiliki kemampuan untuk meredakan pembengkakan, merawat kulit yang rusak, serta menstimulasi aktivitas antioksidan. Khasiatnya tidak hanya berhenti di situ, tetapi juga memberikan efek menyejukan pada kulit, memberikan sensasi kesegaran yang begitu dinantikan.

Baca Juga:  Mabuk Durian: Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengatasinya

Vitamin C dan Asam dalam Mentimun

Kekayaan nutrisi dalam mentimun juga tidak bisa diabaikan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Shweta Kapoor dan Swarnlata Saraf pada tahun 2010 dan dipublikasikan dalam PubMed Central, mentimun kaya akan vitamin C dan asam. Vitamin C, sebagai antioksidan utama, berperan dalam merangsang pertumbuhan sel-sel baru, sementara asam folat merangsang aktivitas antioksidan yang membantu kulit melawan permasalahan seperti mata bengkak, mata lelah, dan mata panda.

Kelembapan untuk Kecantikan Mata

Tidak hanya dalam bentuk jus, mentimun juga mengandung kadar air yang tinggi. Ini menjadikannya sebagai bahan alami yang dapat memberikan kelembapan pada area di bawah mata saat digunakan sebagai perawatan kecantikan. Penelitian dan uji klinis yang dilakukan oleh Neelesh K Nema, Niladri Maity, B. Sarkar, dan Pulok K. Mukherjee pada tahun 2013 menunjukkan bahwa jus mentimun adalah bahan efektif dalam produk-produk perawatan kulit yang bertujuan mencegah kerutan dan membantu mengembalikan elastisitas alami kulit.

Baca Juga:  Viral di Medsos, Suntik Putih Bisa Picu Autoimun

Cara Menggunakan Mentimun untuk Perawatan Mata

Bagaimana cara menggunakan mentimun sebagai bagian dari rutinitas kecantikan Anda? Inilah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ikuti:

1. Pastikan Anda memiliki mentimun yang sudah didinginkan di dalam kulkas.
2. Potong mentimun menjadi irisan setebal setengah inci. Jangan mengiris terlalu tipis.
3. Jika Anda khawatir tentang pestisida, cuci mentimun sebelum memotong atau kupas kulitnya.
4. Tetapkan timer selama 15 menit atau lebih. Dalam posisi berbaring, letakkan irisan mentimun di atas masing-masing mata dan nikmati relaksasi sementara asam alami mentimun meresap ke kulit.
5. Jika satu sisi mentimun terasa hangat di kulit Anda, balikkan dan nikmati sensasi dinginnya lagi.

Baca Juga:  Jangan Disepelekan, Ada Bahaya Besar Bagi Kesehatan Jika Sering Makan Kol Goreng

Mentimun bukan hanya sekadar camilan yang menyegarkan, tetapi juga memiliki potensi luar biasa dalam perawatan kecantikan khususnya untuk mata bengkak, mata lelah, dan lingkaran hitam.

Penelitian ilmiah telah membuktikan manfaatnya, termasuk kemampuan mentimun dalam mengurangi pembengkakan, memberikan efek menyejukan, serta merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Dalam dunia produk perawatan kulit yang semakin canggih, mentimun tetap menjadi salah satu solusi alami dan sederhana yang patut dipertimbangkan untuk hasil yang segar dan memukau. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan mentimun sebagai rahasia kecantikan mata Anda yang akan terus tersenyum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com