Syarat dan Cara Pencoblosan Pemilu 2024

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Indonesia menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh Warga Negara Indonesia. Pencoblosan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, yang mana merupakan hari di mana semua warga negara berhak untuk menggunakan hak pilih mereka.

Pemilu merupakan sebuah proses penting dalam menjalankan sistem demokrasi di Indonesia. Proses ini dilakukan setiap lima tahun sekali dan bertujuan sebagai sarana bagi rakyat untuk memilih pemimpin dan wakilnya di parlemen.

Dalam Pemilu, berbagai posisi penting diperebutkan, antara lain Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Presiden dan Wakil Presiden, serta Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Ada beberapa asas yang harus dijunjung tinggi dalam pelaksanaan Pemilu, yaitu dilaksanakannya secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Baca Juga:  Panwascam Purwadadi Intensifkan Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Untuk dapat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS), calon pemilih harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Salah satunya adalah calon pemilih harus berusia 17 tahun atau lebih, serta sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Surat undangan memilih dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik juga merupakan syarat yang harus dibawa pada saat pencoblosan.

Proses pemilihan umum di Indonesia diatur oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pencoblosan dilakukan dengan cara mencoblos pada surat suara sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Pencoblosan pada hari Pemilu 2024 dimulai sejak pagi dan berlangsung hingga pukul 13.00 waktu setempat. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri juga tetap memiliki hak pilih, yang dapat dilakukan di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) atau melalui Kotak Suara Keliling (KSK) dan Pos.

Baca Juga:  Wulan Guritno Jalani Pemeriksaan Terkait Kasus Dugaan Promosi Situs Judi Online

Tata cara pencoblosan Pemilu 2024 telah diatur dengan jelas. Setiap pemilih akan melalui proses yang terdiri dari beberapa langkah, termasuk mendapatkan surat suara, mencoblos, dan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara.

Dengan demikian, pemilihan umum merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi Indonesia. Dengan menjalankan proses ini sesuai dengan aturan yang berlaku, diharapkan akan tercapai pemilihan yang bersih, jujur, dan adil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com