WNI di Selanda Baru Lakukan Pencoblosan Hari Ini

Suasana KBRI Wellington yang menjadi TPS Wellington pada Sabtu (10/02/2023). Pemungutan suara di Selandia Baru berlangsung pada hari ini dalam suasana aman dan lancar. (Sumber: Tussie Ayu/ Kompas TV)

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Pemilihan umum di Selandia Baru pada tanggal 10 Februari 2023 telah berlangsung dengan lancar dan aman. Tempat Pemungutan Suara (TPS) Wellington dibuka sejak pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Ketua PPLN Wellington, Ridwan, menyatakan bahwa tidak ada masalah keamanan yang signifikan, meskipun terjadi kepadatan di TPS Auckland pada pagi hari.

Meskipun pencoblosan dilakukan pada tanggal tersebut, penghitungan suara baru akan dilakukan pada 14 Februari 2024, bersamaan dengan TPS di Indonesia.

Ridwan menjelaskan bahwa penghitungan suara di TPS Wellington dan Auckland akan dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB pada tanggal tersebut, dengan hasil yang dapat dilihat pada tanggal 14 Februari. Namun, penghitungan suara pos akan dilakukan pada 15 Februari 2024.

Baca Juga:  Yenny Wahid: Anies-AHY Pasangan Paling Pas

Antusiasme WNI di Selandia Baru untuk menggunakan hak suaranya cukup tinggi, terutama bagi yang menggunakan hak suara melalui pos. Meskipun demikian, pengiriman surat suara melalui pos terkadang menemui kendala, seperti perubahan alamat pemilih.

Tahun ini, sekitar 500 surat suara dikembalikan karena pemilih telah berganti alamat, yang memerlukan pengiriman ulang ke alamat baru.

Meskipun terdapat beberapa kendala dalam pemilihan melalui pos, ketentuan perundangan memperbolehkan TPS di luar negeri untuk melakukan pemungutan suara lebih awal. Selandia Baru memilih hari Sabtu, 10 Februari 2024, karena merupakan hari libur, sehingga diharapkan partisipasi warga akan tinggi.

Baca Juga:  Pembunuhan Sadis Pedagang Semangka di Pasar Kramat Jati, Pelaku Terungkap dari Rekaman CCTV

Ridwan menjelaskan bahwa pemilihan pada hari libur diinginkan oleh warga, dan pemilihan pada hari Sabtu dipilih untuk menghormati umat Nasrani yang biasanya melakukan kebaktian pada hari Minggu.

Ketua PPLN Wellington Ridwan, saat ditemui Kompas TV di TPS Wellington, Selandia Baru, Sabtu (10/02/2024). (Sumber: Tussie Ayu/ Kompas TV)

Sumber: KOMPAS.tv

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com