Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina telah tiba di El Arish, Mesir pada Senin (6/11/2023). Tiga pesawat membawa bantuan kemanusiaan seberat 51,5 ton telah sukses sampai ke destinasi mereka.

Ini merupakan bagian dari upaya Indonesia untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina yang tengah mengalami kesulitan akibat konflik yang sedang berlangsung.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah melepas bantuan kemanusiaan tahap pertama ini di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga:  Allahu Akbar! RS Indonesia di Gaza Berhenti Beroperasi, Ini Penyebabnya

Bantuan tersebut terdiri dari berbagai jenis barang logistik yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rakyat Palestina di Gaza, termasuk alat kesehatan, obat-obatan, tenda, selimut, pakaian hangat, dan bahan makanan.

Tiga pesawat yang mengangkut bantuan tersebut adalah dua pesawat C-130 Hercules TNI AU dan satu pesawat Airbus A330. Mereka melalui dua rute penerbangan yang berbeda. Pesawat Hercules A-1237 dan A-1238 mengikuti rute penerbangan Jakarta-Aceh-Yangon (Myanmar)-New Delhi (India)-Abu Dhabi (Uni Emirat Arab)-Jeddah (Arab Saudi)-El Arish.

Baca Juga:  11 Orang Staff PBB Tewas Saat Serangan Israel ke Gaza

Sementara itu, pesawat Airbus A330 diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan diharapkan tiba langsung di El Arish, mesir. Namun, penerbangan terakhir ini akhirnya dialihkan ke Bandara Internasional Kairo karena kendala cuaca.

Setelah sampai di El Arish, bantuan kemanusiaan dari Indonesia ini diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir. Mereka akan membawanya ke perlintasan masuk ke wilayah Gaza untuk mendukung rakyat Palestina yang membutuhkan bantuan tersebut.

Tentu saja, inisiatif Indonesia ini merupakan bukti nyata solidaritas dan dukungan internasional terhadap rakyat Palestina yang tengah mengalami konflik yang berkepanjangan. Semoga ini dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang terdampak.

Baca Juga:  Menteri Luar Negeri RI Serukan Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com