Bendungan Sepaku Semoi di IKN Selesai, Sokong Kemandirian Air Minum dan Lingkungan Hijau

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Pembangunan infrastruktur kunci di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Salah satu tonggak penting dalam pembangunan ini adalah penyelesaian Bendungan Sepaku Semoi, yang kini telah rampung 100% untuk tahap pertama pembangunan.

Bambang Susantono, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), mengungkapkan bahwa Bendungan Sepaku Semoi akan menjadi sumber air minum utama bagi penduduk IKN.

“Bendungan itu memang sudah 100% bahkan saat groundbreaking itu sudah mendekati titik yang ideal,” ujar Bambang Susantono dalam konferensi pers di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jakarta, dikutip dari laman CNN Indonesia, Selasa (30/01/2024).

IKN dijanjikan untuk menyediakan kebutuhan air minum yang berkualitas, infrastruktur internet yang memadai, serta sistem transportasi ramah lingkungan. “Air bisa diminum. Polusi rendah. Ke mana-mana bisa jalan kaki, kemudian internet kenceng, tempat-tempat hangout ada,” tambah Bambang.

Baca Juga:  Sebut Kondisi Krusial, Pj. Bupati Subang Ingatkan Poin Penting Saat Kunjungi Pemcam Kalijati

Selain itu, Bambang juga menyoroti upaya untuk memanfaatkan air hujan di IKN secara efisien melalui sistem daur ulang yang sedang dikaji. “Jadi sejak awal kita masukkan prinsip-prinsip green dan smart ini berlaku di IKN Nusantara,” jelasnya.

Energi di IKN akan diperoleh dari panel surya, sementara air hujan akan didaur ulang. Sampah juga akan dikelola dengan prinsip 3R, yaitu Reduce, Reuse, Recycle.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar, IKN juga akan memiliki infrastruktur teknologi canggih. Misalnya, tiang lampu tidak hanya berfungsi sebagai pencahayaan tetapi juga sebagai bagian dari sistem transformasi cerdas. Mobil yang beroperasi di dalam IKN juga akan beralih ke mobil listrik yang ramah lingkungan.

Baca Juga:  Catat! Inilah Panduan Lengkap dan Syarat Perpanjangan SIM 2024

Namun, bagi mereka yang masih menggunakan mobil konvensional, akan disediakan tempat parkir khusus dan penumpangnya akan diarahkan untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum yang tersedia di dalam IKN.

Selain Bendungan Sepaku Semoi, ada dua bangunan utama lainnya yang mencapai progres signifikan dalam tahap 1 pembangunan, yaitu Istana Kepresidenan dan Sumbu Kebangsaan.

Dengan progres pembangunan keseluruhan tahap 1 mencapai 71,47%, IKN semakin mendekati realisasi visi sebagai pusat modern yang berkelanjutan.

“Tahap 1 itu adalah kontrak yang sudah dimulai sebelum 2023 sebelum kami beroperasi (OIKN),” pungkasnya.

Dengan berbagai inisiatif progresif dan komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan, Ibu Kota Nusantara semakin menegaskan dirinya sebagai contoh nyata bagi perkembangan infrastruktur modern di Indonesia yang berorientasi pada keseimbangan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com