Menilik Arti dan Kepanjangan WHOOSH untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Pemerintah Indonesia telah meresmikan nama baru yang begitu menarik untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yaitu ‘WHOOSH’. Nama ini tidak hanya sekadar label, tetapi juga sebuah representasi yang kuat atas salah satu proyek transportasi paling ambisius di Asia Tenggara. Mari kita menilik arti dan kepanjangan dari WHOOSH serta apa yang membuatnya begitu istimewa.

Menggambarkan Kecepatan Tidak Terbantahkan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan bahwa pemilihan nama ‘WHOOSH’ tidak sembarangan. Nama ini dipilih karena merangkum esensi dari kereta cepat tersebut yang saat ini menjadi yang tercepat di Asia Tenggara. Sebagai seorang Menteri yang mendalami bidang transportasi, Budi Karya Sumadi sangat menekankan pentingnya mewakili kecepatan kereta cepat ini dalam nama yang dipilih. Dengan kata lain, ‘WHOOSH’ adalah cara yang tepat untuk menggambarkan kecepatan tidak terbantahkan yang dimiliki oleh Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca Juga:  Viral di Medsos, Suntik Putih Bisa Picu Autoimun

Mengenang Suara Lesatan Kereta Cepat

Tidak hanya itu, filosofi di balik ‘WHOOSH’ juga mengandung elemen keindahan sederhana. Nama ini tidak hanya berarti kecepatan, tetapi juga merujuk pada suara khas yang dihasilkan oleh kereta cepat ini ketika melaju dengan kecepatan tinggi. Suara “whoosh” ini adalah ungkapan yang dikenal secara luas, baik oleh masyarakat Indonesia maupun internasional. Itu adalah cara intuitif yang digunakan oleh orang-orang untuk menggambarkan getaran udara yang dihasilkan oleh objek yang bergerak cepat. Dengan begitu, nama ‘WHOOSH’ menghubungkan penggunaan kereta cepat dengan pengalaman yang mungkin sudah dikenal oleh banyak orang.

Pengertian ‘WHOOSH’

Menurut Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia, Triawan Munaf, ‘WHOOSH’ juga memiliki makna yang lebih mendalam. WHOOSH adalah singkatan dari tiga kata yang sangat relevan dengan operasi kereta cepat ini, yaitu Waktu Hemat, Operasi Optimal, dan Sistem Handal. Dalam proyek transportasi yang ambisius seperti ini, faktor-faktor seperti efisiensi waktu, operasi yang optimal, dan sistem yang handal adalah kunci kesuksesan. Oleh karena itu, singkatan ini mewakili komitmen pemerintah untuk menyediakan layanan kereta cepat yang tidak hanya cepat dalam perjalanan fisik tetapi juga efisien dalam penggunaan waktu, optimal dalam operasi, dan handal dalam sistem.

Baca Juga:  Bangun Kebersamaan, Pejabat Struktural Universitas Majalengka Ikuti Capacity Building di Ciater Subang

Kepentingan Perspektif Global

Pemilihan nama ‘WHOOSH’ juga didasarkan pada pertimbangan global. Dalam Bahasa Inggris, kata “whoosh” menggambarkan suara mendesing, mencerminkan kecepatan dan efisiensi. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang paling umum digunakan di dunia, dan pemilihan nama ini memastikan bahwa proyek ini tidak hanya akan dikenal di tingkat lokal tetapi juga secara internasional. Ini adalah langkah yang penting dalam menjadikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagai bagian penting dari sistem transportasi global.

Baca Juga:  KCIC Kolaborasi dengan Tempat Wisata Bandung, Berikan Keuntungan bagi Penumpang Whoosh

Desain Logo Resmi ‘WHOOSH’

Tidak hanya nama, pemerintah juga sedang dalam proses penentuan desain logo resmi untuk ‘WHOOSH’. Sebuah kompetisi desain telah berlangsung sejak Juli 2023, dengan hasil 10 desain awal yang sekarang telah disaring menjadi tiga desain finalis yang sedang dinilai. Ini menunjukkan komitmen untuk memberikan identitas visual yang kuat untuk proyek kereta cepat ini, yang akan membantu meningkatkan citra dan pengenalan proyek di mata masyarakat.

Dengan ‘WHOOSH’, Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak hanya akan menjadi sarana transportasi modern yang efisien tetapi juga akan menjadi simbol kecepatan, efisiensi, dan keandalan dalam sistem transportasi Indonesia. Nama ini mencerminkan semangat inovasi dan komitmen pemerintah untuk menjadikan kereta cepat sebagai bagian penting dari masa depan mobilitas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com