Inilah Bahan-bahan Alami yang Bisa Atasi Kerutan Wajah

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi tipis dan lebih kering. Hal ini membuat kulit kita rentan terhadap permasalahan kulit, seperti munculnya kerutan pada wajah. Kerutan adalah salah satu tanda penuaan yang tidak dapat dihindarkan.

Untuk sebagian orang, kerutan pada wajah dapat membuat mereka menjadi tidak percaya diri. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara alami untuk mengatasi masalah ini dan menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dan dicoba di rumah, kamu dapat merawat kulitmu dengan baik.

Dilansir dari Healthline.com, berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kerutan dan menjaga kecantikan kulitmu:

1. Madu: Kaya Akan Nutrisi dan Antioksidan

Madu bukan hanya lezat untuk dimakan, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa untuk kulitmu. Madu mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan asam amino yang dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan kerutan pada wajah. Selain itu, madu memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan, mempercepat penyembuhan luka, serta mempertahankan kelembapan pada kulit wajah. Caranya pun cukup mudah, kamu dapat mengoleskan madu pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Pastikan untuk menggunakan madu murni agar hasil yang didapatkan maksimal.

Baca Juga:  Sampahmu Melindungimu: Tukar Sampah dengan Polis Asuransi di bank bjb KC Denpasar

2. Minyak Kelapa: Pelembap Alami untuk Kulit

Minyak kelapa adalah pelembap alami yang sangat efektif. Penelitian yang dilakukan oleh Anna Liza C Agero dan Vermén M. Verallo-Rowell pada tahun 2004 yang dipublikasikan dalam PubMed Central menunjukkan bahwa minyak kelapa terbukti efektif untuk merawat kulit kering. Minyak kelapa dapat mengisi celah-celah di epidermis kulit, membuat kulit menjadi lebih halus, dan mempertahankan kelembapannya. Kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa secara langsung pada kulit atau mencampurnya dalam produk perawatan kulitmu.

3. Lidah Buaya: Nutrisi untuk Kulit yang Sehat

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin E, A, dan C yang sangat baik untuk nutrisi dan perbaikan kondisi kulit. Rutin mengaplikasikan gel lidah buaya pada wajah, terutama di bagian bawah mata sebelum tidur malam, dapat membantu menghilangkan kantung hitam pada mata dan mengurangi kerutan. Lidah buaya juga membantu dalam merangsang regenerasi kulit dan menghidrasi dengan baik.

Baca Juga:  Cara Alami Merawat Bibir agar Tetap Sehat dan Indah

4. Daun Lemon Balm: Teh untuk Kesehatan Kulit

Teh daun lemon balm memiliki manfaat besar dalam mengatasi kerutan. Penelitian yang dilakukan oleh Shintaro Yui, Suzuka Fujiwara, Katsuhisa Harada, dan rekan pada tahun 2017 yang dipublikasikan dalam PubMed Central menunjukkan bahwa ekstrak daun lemon balm dapat membuat kulit lebih elastis dan memperbaiki kerusakan jaringan. Kamu dapat mengonsumsi teh daun lemon balm atau menggunakannya sebagai toner alami untuk kulit wajahmu.

5. Klorofil: Manfaat Kesehatan Kulit dari Alam

Klorofil, yang umumnya digunakan untuk penyembuhan luka, ternyata juga memiliki manfaat untuk mengurangi kerutan wajah. Penelitian oleh Monya L. Sigler dan Thomas J. Stephens pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam PubMed Central menunjukkan bahwa tembaga klorofilin topikal, yang berasal dari klorofil, dapat membantu memperbaiki garis-garis halus dan kerutan ringan hingga sedang.

Baca Juga:  Saham bank bjb Masuk Daftar Terbaru Indeks IDXBUMN20

6. Ginseng: Melambatkan Proses Penuaan Kulit

Ginseng adalah bahan alami yang memiliki kemampuan untuk memperlambat efek penuaan, termasuk perubahan kulit seperti kerutan. Penelitian yang dilakukan oleh Eunson Hwang, Sang-Yong Park, Hae Jo, dan rekan pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam PubMed Central menunjukkan bahwa krim dengan ekstrak ginseng dapat membantu mencegah kerutan pada mata, meningkatkan hidrasi dan kehalusan kulit, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami ini, kamu dapat merawat kulitmu dengan baik dan mencegah munculnya kerutan. Namun, perlu diingat bahwa hasil yang didapatkan mungkin tidak instan dan konsistensi dalam perawatan kulit sangat penting. Selain merawat kulit dari luar, jangan lupa untuk menjaga pola makan sehat, minum cukup air, dan tidur yang cukup untuk menjaga kecantikan kulitmu dari dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com