Ragam  

Mengenal Lapisan Isolator untuk Mengatasi Panas di Rumah

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Panas yang menyengat seringkali menjadi masalah yang tidak diinginkan di dalam rumah kita. Selain dari suhu udara yang panas di luar, atap dan dinding rumah yang kurang efektif dalam menyerap panas juga bisa menjadi penyebab utama ruangan menjadi tak nyaman. Namun, ada solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan menggunakan lapisan isolator yang dapat meredam panas dan membuat ruangan lebih sejuk. Berikut adalah beberapa jenis lapisan isolator yang bisa menjadi pilihan Anda:

1. Aluminium Foil

Jual Alumunium Foil/Isolator Buat Atap Febrianti - Jakarta Selatan -  Febrianti232 | Tokopedia

Salah satu jenis lapisan isolator yang efektif adalah aluminium foil. Aluminium foil mampu menghadang hawa panas matahari dan membuat ruangan terasa lebih sejuk. Panggah Nuzhul Rizky, seorang profesional kontraktor dari PT. Gaharu Konstruksindo Utama, menjelaskan bahwa penggunaan aluminium foil di atap rumah dapat membantu mengurangi suhu ruangan. Harga isolator ini cukup terjangkau, sekitar Rp 100 ribu per meter, termasuk material aluminium foil.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aluminium foil mungkin tidak akan memberikan perubahan suhu yang sangat signifikan. Meskipun demikian, ini tetap menjadi salah satu opsi yang patut dipertimbangkan.

2. Glasswool

Karpet Peredam Suara Buana Glasswool untuk isolator 5mm 0.5x1.35 m | Lazada  Indonesia

Glasswool adalah jenis lapisan isolator lain yang terbuat dari bahan PET yang diolah sedemikian rupa sehingga menyerupai serat wol. Lapisan ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan aluminium foil. Selain dapat meredam panas, Glasswool juga mampu meredam suara, menjadikannya pilihan yang baik untuk meningkatkan kenyamanan ruangan.

3. Polyurethane

Mengenal 3 Jenis Isolator Dinding buat Redam Panas dari Luar

Polyurethane merupakan jenis lapisan isolator yang sangat dicari karena kemampuannya dalam meredam panas dan suara. Dibandingkan dengan jenis peredam panas lainnya, Polyurethane memiliki kinerja yang paling baik. Selain itu, pemasangannya pun relatif mudah dan memiliki tingkat ketahanan yang tinggi.

Keunggulan Polyurethane membuatnya menjadi favorit banyak orang yang ingin menjaga suhu ruangan tetap nyaman. Penggunaan jenis isolator ini akan membantu Anda menghadapi panas dengan lebih efektif.

Dalam memilih jenis lapisan isolator, pertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. Setiap jenis memiliki karakteristiknya sendiri, namun semuanya bertujuan untuk membuat ruangan Anda lebih nyaman, terutama saat suhu di luar rumah sedang sangat tinggi. Dengan mengambil langkah ini, Anda dapat menjaga rumah tetap sejuk dan nyaman bahkan di tengah teriknya matahari.