Google Doodle Rayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Saat ini bangsa Indonesia tengah merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-78, sejumlah kegaitan telah dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di seluruh bumi Nusantara.

Tidak hanya di dunia fisik, dalam dunia maya atau Internet, Google juga turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-78 ini melalui Google Doodle pada hari Kamis (17/8/2023).

Ketika mengakses halaman pencarian, baik melalui perangkat mobile maupun komputer, terlihat gambar doodle khusus yang bertema Hari Kemerdekaan.

Baca Juga:  Begini Cara Nyamuk Wolbachia Bekerja untuk Atasi DBD

Namun tidak hanya itu, para pengguna juga disuguhkan dengan efek konfeti virtual yang berwarna merah dan putih, yang melambangkan bendera kebanggaan Indonesia.

Google Doodle ini kali ini diciptakan oleh seorang seniman dari Jawa Barat, yaitu Diela Maharani. Pada halaman Google, dijelaskan bahwa tema doodle tahun ini menggambarkan pentingnya kolaborasi.

Dalam gambar tersebut, terlihat komunitas warga Indonesia berkumpul bersama sambil bermain permainan tradisional untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-78.

Ketika gambar doodle ditekan, Google langsung menampilkan ringkasan tentang ‘Hari Kemerdekaan Republik Indonesia’. Tahun ini, perayaannya sudah mencapai yang ke-78 sejak saat pertama kali merdeka pada tahun 1945.

Baca Juga:  Kericuhan dan Kemacetan Warnai Sekitar GBK Jelang Konser ColdPlay Malam Ini

Sama seperti peringatan HUT Kemerdekaan RI sebelumnya, pemerintah memilih tema dan tagline yang seragam untuk perayaan ini. Untuk tahun ini, tagline yang diusung adalah ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’.

Hari Kemerdekaan RI adalah hari libur nasional yang dikenal sebagai hari libur. Biasanya, masyarakat merayakannya dengan berbagai jenis lomba tradisional seperti makan kerupuk, balap karung, balap kelereng, dan panjat pinang.

Perayaan Hari Kemerdekaan RI kali ini juga menjadi momen pertama di mana perayaan tersebut dapat diadakan secara fisik dan bukan melalui dunia maya. Hal ini dikarenakan pemerintah telah menyatakan bahwa pandemi Covid-19 telah berakhir.

Baca Juga:  Rumor Seputar Ponsel Samsung Galaxy S24 yang Akan Dirilis Januari 2024 Mendatang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com