Cara Membuat Selai Nanas Manis yang Lezat di Rumah

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Nanas adalah salah satu buah tropis yang tidak hanya lezat, tetapi juga sangat serbaguna dalam penggunaannya dalam aneka hidangan manis maupun segar.

Salah satu cara yang populer untuk menikmati cita rasanya yang manis dan segar adalah dengan membuat selai nanas. Selai nanas dapat digunakan sebagai isian untuk berbagai kue, makanan tradisional, atau bahkan dalam minuman seperti smoothies.

Pada tulisan kali ini, kita akan memandu pembaca TINTAHIJAU.com untuk membuat selai nanas manis yang lezat di rumah.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

– 1 kg nanas, kupas, buang bagian tengahnya, lalu rendam dalam air garam
– 250 gr gula pasir
– 3 batang kayu manis
– 3 butir cengkih
– 1 1/2 sdt garam
– 1/2 buah gula merah, sisir halus

Baca Juga:  PT KAI Sediakan Jadwal Tambahan untuk Libur Nataru 2023-2024

Langkah-Langkah Pembuatan:

1. Persiapan Awal

Sebelum memulai proses pembuatan selai nanas, pastikan Anda telah mempersiapkan semua bahan dengan benar. Kupas nanas dan buang bagian tengahnya, kemudian rendam dalam air garam untuk menghilangkan keasinan. Setelah itu, bilas nanas dengan air bersih dan tiriskan.

2. Parut Nanas

Potong nanas secara memanjang menjadi beberapa bagian untuk memudahkan proses perutan. Parut nanas hingga halus menggunakan alat parut atau prosesor makanan.

3. Proses Memasak

Panaskan wajan atau panci di atas api sedang. Tuang nanas yang telah diparut ke dalam wajan atau panci, lalu masak sambil terus diaduk. Tujuan dari proses ini adalah mengurangi kadar air dalam nanas agar selai mengental dan tidak terlalu cair.

Baca Juga:  Warung Bambu Subang, Kuliner Lokal dengan 1001 Menu Makanan Khas

4. Penambahan Bumbu dan Gula

Setelah nanas mulai menguap dan teksturnya berubah lebih kental, tambahkan gula pasir, kayu manis, cengkih, gula merah yang telah disisir halus, dan garam. Bumbu-bumbu ini akan memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada selai nanas.

5. Proses Memasak Lanjutan

Lanjutkan memasak selai nanas sambil terus diaduk agar bumbu dan gula tercampur secara merata. Biarkan selai mengental dan airnya menyusut hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan. Hal ini biasanya memerlukan waktu yang cukup, jadi bersabarlah dalam proses ini.

6. Pendinginan dan Penyimpanan

Setelah selai nanas telah mencapai tekstur yang mengental dan airnya telah menguap, matikan api. Biarkan selai agak mendingin di dalam panci atau wajan selama beberapa waktu. Setelah itu, pindahkan selai nanas ke dalam wadah kedap udara.

Baca Juga:  Opak Ano, Panganan Tradisional yang Masih Eksis Hingga Sekarang

7. Nikmati Selai Nanas

Selai nanas siap dinikmati setelah mendingin sepenuhnya. Anda dapat menggunakannya sebagai isian kue nastar, kue tradisional, atau bahkan menambahkannya ke dalam smoothies untuk memberikan sentuhan manis dan segar.

Membuat selai nanas sendiri di rumah adalah cara yang mengasyikkan untuk menikmati kelezatan buah tropis ini dalam bentuk yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol jumlah gula yang ditambahkan sesuai dengan selera pribadi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan selai nanas manis yang lezat dan cocok untuk berbagai hidangan. Selamat mencoba dan selamat menikmati hasil karya Anda di dapur!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com