Kenali Gejala Katarak yang Jarang Disadari

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Katarak, sebuah gangguan mata yang seringkali dianggap sepele, sebenarnya adalah masalah serius yang dapat mengganggu kualitas hidup Anda secara signifikan.

Penyakit ini dapat menyebabkan penurunan tajam penglihatan hingga kebutaan jika tidak ditangani dengan cepat.

Meskipun beberapa gejala katarak mudah terlihat, terdapat juga tanda-tanda awal yang sering terabaikan karena jarang disadari.

1. Tajam Penglihatan Menurun atau Buram

Salah satu gejala yang paling umum dari katarak adalah penurunan tajam penglihatan atau penglihatan yang buram. Ini terjadi karena lensa mata yang keruh menghalangi cahaya masuk ke mata dan tidak dapat difokuskan dengan baik ke retina. Seiring dengan meningkatnya kekeruhan di lensa mata, tajam penglihatan pun semakin menurun.

2. Penglihatan Ganda atau Double Vision

Penglihatan ganda juga bisa menjadi tanda katarak. Seringkali, gejala ini diabaikan atau dianggap sebagai masalah sementara yang akan hilang dengan sendirinya. Namun, penglihatan ganda bisa menjadi pertanda serius yang harus Anda perhatikan.

3. Kesulitan Mengenali Warna

Perubahan dalam persepsi warna juga dapat menjadi tanda awal adanya katarak yang tidak disadari. Penderita katarak seringkali mengalami kesulitan dalam mengenali warna dengan jelas. Warna-warna yang seharusnya terlihat cerah mungkin tampak kusam atau terdistorsi akibat kekeruhan lensa mata.