Berikut Bocoran Formasi dan Jurusan yang Dibutuhkan Rekrutmen CPNS 2023

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan informasi tentang formasi rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023.

Berdasarkan informasi dari bkn.go.id, pada rekrutmen CPNS 2023, terdapat total 572.496 formasi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Prioritas seleksi CASN 2023 akan diberikan kepada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan alokasi sebanyak 543.593 dari jumlah keseluruhan formasi tersebut.

Sebanyak 28.903 formasi CPNS dibutuhkan pada tahun ini dari total formasi yang ada.

Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, menyampaikan bahwa mekanisme pengadaan ASN 2023 akan disesuaikan dengan kebutuhan kelompok jabatan ASN, yaitu jabatan fungsional dan jabatan pelaksana.

Kebutuhan jabatan fungsional akan ditentukan berdasarkan jumlah pegawai yang akan pensiun, sementara untuk jabatan pelaksana (administrasi), selain disesuaikan dengan proyeksi pensiun pegawai juga akan mengikuti kebutuhan SDM yang dapat digantikan dengan proses digitalisasi.

Pada rekrutmen CPNS 2023, kebutuhan PPPK didominasi oleh tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.

Sementara itu, kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dialokasikan untuk jabatan-jabatan fungsional atau keahlian lainnya sesuai dengan kebutuhan instansi, yang sejalan dengan prioritas pemerintah pada sektor kesehatan dan pendidikan.

Panselnas melalui BKN juga telah melaksanakan seleksi PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan formasi tahun 2022, dengan rata-rata persentase kelulusan PPPK Guru sebesar 78,5 persen dan PPPK Tenaga Kesehatan sebesar 78,6 persen.

Untuk PPPK Teknis formasi tahun 2022, persentase kelulusannya sebelum reformulasi sebesar 44 persen, namun dengan adanya kebijakan reformulasi dari Kementerian PANRB melalui Keputusan Menteri PANRB Nomor 571 Tahun 2023, persentase kelulusan PPPK Teknis diperkirakan bisa mencapai 69%.

Kejaksaan Republik Indonesia (RI) juga telah mengumumkan usulan sebanyak 7.846 formasi CPNS Kejaksaan yang diajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan RI, Hermon Dekristo, menyatakan bahwa tim telah dibentuk untuk melaksanakan rekrutmen CPNS tahun ini.

Pada rekrutmen CPNS Kejaksaan tahun ini, rincian usulan formasi meliputi jaksa (2.000 formasi), petugas barang bukti (1.446 formasi), pengelola penanganan perkara (2.142 formasi), dan penjaga tahanan (2.258 formasi).

Selain rekrutmen CPNS, Kejaksaan RI juga akan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 249 formasi, terutama untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit Adhyaksa.

Tidak semua jurusan kuliah akan menjadi prioritas dalam rekrutmen CPNS 2023, namun kemungkinan masih ada lowongan tersedia untuk berbagai jurusan pada beberapa posisi dalam rekrutmen CPNS 2023.

  • Matematika dan Statistika: Lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan di bidang talenta digital, dan umumnya memiliki keterampilan yang cocok untuk menjadi analis data.
  • Teknologi Bisnis Digital: Lulusan dari jurusan ini memiliki peluang besar karena peningkatan peran digitalisasi dalam masyarakat dan pemerintah.
  • Ilmu Komputer: Jurusan ini mencakup berbagai teori dan konsep dalam pengembangan perangkat lunak, membuatnya menjadi bidang yang sangat dibutuhkan.
  • Teknologi Informasi: Lulusan dari jurusan ini biasanya memiliki keahlian yang dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS, karena mereka memasuki daerah talenta digital.
  • Teknik Industri: Lulusan Teknik Industri mempunyai kemampuan yang dibutuhkan oleh pemerintah dan perusahaan swasta dalam manajemen industri dan operasional.
  • Cyber Security: Dengan peningkatan serangan cyber, kebutuhan untuk lulusan jurusan ini meningkat. Mereka dapat membantu dalam melindungi big data dan bertugas sebagai analis forensik.
  • Desain Komunikasi Visual: Jurusan ini mengajarkan keterampilan yang penting dalam era digital, seperti operasi berbagai perangkat lunak desain.
  • Ilmu Hukum: Jurusan ini telah menjadi favorit instansi pemerintah dan terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu Hukum Pidana dan Hukum Perdata.
  • Hukum Pidana: Jurusan ini berfokus pada berbagai aspek pidana, seperti Narkotika, Terorisme, Korupsi, dan lain-lain.
  • Hukum Perdata: Fokus dari jurusan ini adalah pada hak dan kepentingan individu, dan biasanya diambil oleh mereka yang ingin menjadi notaris atau legal.
  • Pendidikan: Jurusan ini meliputi berbagai mata pelajaran dan memiliki peluang besar dalam rekrutmen CPNS.
  • Manajemen: Jurusan ini penting bagi Kemenkumham dan peluangnya besar dalam rekrutmen CPNS 2023.
  • Kesejahteraan Sosial: Jurusan ini mengeksplorasi cara-cara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  • Administrasi Publik: Jurusan ini mempelajari sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan, dan evaluasinya.
  • Ekonomi: Jurusan ini mempelajari strategi pengelolaan sumber daya untuk mencapai kesejahteraan.
  • Akuntansi: Jurusan ini diprediksi akan dibutuhkan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada CPNS 2023.

Sementara itu, rekrutmen CPNS dan PPPK tahun rencananya akan dibuka pada September 2023 mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com