Buka FGD PK APIP, Pj Bupati Subang Harapkan Aparat Pengawasan Naik Level

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (PK APIP) Menuju Level 3, yang dilaksanakan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Subang, bertempat di Hotel Nalendra Subang. Selasa, 6 Februari 2024.

Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Subang R. Memet Hikmat, menyampaikan bahwa peningkatan kapabilitas APIP sangat penting untuk meningkatkan performance sebagai APIP di daerah.

“PK APIP tidak hanya untuk kepentingan soal level saja, tapi meningkatkan kapabilitas kita semua. Kenapa harus ada FGD ini maksudnya adalah untuk kita tahu peningkatan kapabilitas wajib bagi kita untuk meningkatkan level, dan penting untuk performance kita di daerah, dan yang paling utama untuk meningkatkan kualitas sebagai APIP di daerah, ” kata Memet

Selanjutnya, Widiatmono korwas P3A BPKP Provinsi Jawa Barat yang juga sebagai narasumber pada kegiatan tersebut dalam sambutannya menyampaikan harapannya dengan kehadiran dirinya sebagai narasumber dapat menjadi pematik semangat dalam mencapai level 3 PK APIP.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Edu Forest Setu Kabupaten Bekasi sebagai Hutan Kota

Widiatmono berharap adanya semangat dari para APIP dan dukungan dari seluruh pimpinan sehingga apa yang dicita-citakan dapat tercapai.
“Semangat teman teman dan komitmen dari para pimpinan, sehingga kita bisa bersama sama memberikan yang terbaik sehingga bisa mencapai level 3,” tegasnya

Sementara itu, Sekda Subang Asep Nuroni menyampaikan, terdapat 6 elemen yang harus ditingkatkan untuk dapat meningkatkan level PK APIP, yaitu Peran dan Layanan Pengawasan Intern, Pengelolaan SDM, Praktik Page 6 Profesional, Manajemen dan Akuntabilitas Kinerja, Hubungan dan Budaya Organisasi, dan Struktur Tata Kelola.

Asep yang membacakan sambutan Pj. Bupati Subang menyampaikan kapabilitas APIP adalah kemampuan APIP untuk melaksanakan aktivitas pengawasan yang ditunjang dengan dukungan pengawasan yang baik sehingga dapat mendorong hasil pengawasan yang berkualitas agar dapat mewujudkan perannya secara efektif sesuai dengan Peraturan BPKP Nomor 8 Tahun 2021 tentang penilaian kapabiltas APIP pada K/L/D).

Baca Juga:  Sentilan Pj Bupati Imran untuk Manajemen RSUD Subang

Pj. Bupati juga berharap, APIP kabupaten subang pada tahun 2024 diharapkan bisa mencapai apip level 3 sehingga mampu melakukan performance audit/value for money audit yang dapat meningkatkan kinerja (ekonomis, efisiensi, dan efektifitas) serta memberikan advisory services untuk perbaikan governance
process, risk management, dan control organisasi dimana APIP berada.

Selain itu, disampaikan pula strategi yang bisa dilakukan APIP, yakni :
1. membuat rencana capaian kapabilitas di lingkungan APIP.
2. melakukan self-assessment atas kapabilitas yang telah dicapai.
3. melakukan self-improvement atas kelemahan yang masih ada berdasarkan self-assessment yang telah dilakukan.
4. menindaklanjuti hasil QA yang telah dilakukan oleh bpkp.

Pj. Bupati pun berharap, dengan FGD yang dilaksanakan, dapat meningkatkan kapabilitas
APIP menuju level 3, dan setiap peserta harus benar-benar memahami apa saja yang harus dipersiapkan dan dipenuhi oleh APIP itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com