Pemkab Majalengka Launching Program Kencan Data

MAJALENGKA, TINTAHIJAUcom – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka melalui Bidang Statistik  Sektoral dan Persandian Launching Program “Kencan Data”.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Majalengka, H. Gatot Sulaeman, menyampaikan, Kencan Data merupakan bagian dari literasi data yang di dalamnya terdapat beberapa program yaitu Webinar Kencan Data, Talkshow Kencan Data, Visualisasi Bewara Statistik dan Edukasi Data (Bestie) data.

Sekaitan dengan informasi data yang menyangkut tentang pemerintahan, pembangunan,aspek budaya, kemasyarakatan serta hal lainnya di Kab.Majalengka dapat dilihat dan di akses dalam sebuah sistem database yang bernama Open Data, open data tersebut dapat di akses di laman opendata.majalengkakab.go.id.

“Open Data tersebut memberikan informasi mengenai data-data setidaknya dibagi kedalam 10 topik yang berkaitan dengan ekonomi, Infrastruktur, kemiskinan, kependudukan, kesehatan, lingkungan hidup, pariwisata dsn Kebudayaan, pemerintahan Desa, Pendidikan, dan sosial,” ucapnya.

Baca Juga:  WJIS 2023, Jawa Barat Tawarkan Proyek Infrastruktur Hijau dan Hilirisasi Senilai Rp70 Triliun

H.Gatot menjelaskan sebagai salah satu tugas pokok dan fungsinya Diskominfo untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan juga telah melakukan berbagai upaya dalam  menyampaikan informasi dan juga literasi data digital melalui medsos  baik itu di Instagram Diskominfo maupun di IG Open Data setiap hari Kamis melalui tajuk Bestie Data, Bestie Data tersebut menyuguhkan informasi terupdate tentang perkembangan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi menyambut baik dan mengapresiasi Launching Kencan DDat. Menurutnya Kencan Data ini adalah hal-hal yang menyangkut perkembangan Majalengka secara data baik menyangkut Pemerintahan, pembangunan di Majalengka, sosal kemasyarakatan, pemberdayaan kepariwisataan dan hal-hal terkait lainnya.

“Saya rasa program Kencan Data ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Majalengka, dengan  menyuguhkan berbagai informasi berbasis data yang tak perlu diragukan lagi keabsahannya, hal tersebut juga menjadi bagian dari literasi Digital agar warga Majalengka naik Kelas, disamping itu kedepannya nanti kita agendakan untuk berbagai Perangkat Daerah diundang datang kesini untuk memberikan ekspose terkait perkembangan dan hal-hal lainnya yang penting untuk diinformasikan kepada masyarakat,” ucap Dedi.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Otista Kota Bogor

“Tak hanya itu, pendesiminasian informasi dan juga data melalui berbagai saluran informasi salah satunya peran radio juga sangat penting untuk dilakukan, hal tersebut agar terciptanya jaringan- jaringan komunikasi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakatnya, dengan berbagai cara penyampaian informasi tersebut diharapkan masyarakat dapat merasakan bahwa Pemerintah Hadir untuk masyarakat dalam memberikan informasi yang bermanfaat,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com