Cara Membasmi Hewan Kecil Kamitetep di Rumah

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Kamitetep, atau sering disebut ngengat berkepompong, adalah serangga kecil yang dapat ditemukan di berbagai tempat dalam rumah, seperti atap, kayu, kasur, atau tempat tidur.

Kamitetep memiliki larva yang biasa hidup di sudut-sudut rumah dan dapat menjadi gangguan karena dapat menyebabkan kulit gatal jika tersentuh bulunya.

Untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa cara membasmi kamitetep di rumah:

  1. Pembersihan Total Salah satu cara paling efektif adalah dengan membersihkan rumah secara menyeluruh. Pastikan untuk membersihkan semua sudut, celah, dan tempat yang gelap serta lembap di rumah, seperti di belakang lemari, bawah sofa, atau di atas plafon. Kamitetep sering bersembunyi di tempat-tempat seperti ini.
  2. Gunakan Kamper atau Kapur Barus Kamitetep juga sering bersembunyi di lemari. Menggunakan kamper atau kapur barus di sudut-sudut lemari dapat membantu mengusir kamitetep. Gantilah kamper tersebut setiap 30 hingga 45 hari.
  3. Kurangi Pencahayaan Luar Kamitetep berkembang menjadi ngengat, yang tertarik pada cahaya. Mengurangi pencahayaan luar, seperti dengan menutup tirai atau jendela saat malam hari, dapat membantu mengurangi populasi kamitetep di rumah.
  4. Bersihkan Jaring Laba-Laba Sarang laba-laba adalah sumber makanan yang disukai oleh kamitetep. Membersihkan jaring laba-laba di rumah dapat membantu menghilangkan salah satu sumber makanan kamitetep.
  5. Jaga Suhu Ruangan Kamitetep lebih suka hidup di lingkungan yang hangat. Menjaga suhu rumah agar tetap sejuk dapat membantu mencegah kamitetep berkembang biak.
  6. Buang Sampah ke Luar Rumah Jangan biarkan sampah menumpuk di dalam rumah karena dapat menjadi sumber makanan bagi kamitetep. Pastikan untuk membuang sampah secara rutin ke luar rumah.
  7. Tanaman Pengusir Serangga Beberapa tanaman seperti rosemary, thyme, krisantemum, sitronela, marigold, eucalyptus, dan serai diketahui dapat mengusir kamitetep. Anda dapat menanam tanaman-tanaman ini di sekitar rumah untuk membantu mengusir serangga tersebut.
  8. Gunakan Pestisida Jika semua upaya di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan pestisida. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan pestisida dan menyemprotkannya di belakang lemari, sudut tembok, atau area lain yang potensial dihuni oleh kamitetep.
Baca Juga:  Mengatasi Lingkaran Hitam di Mata dengan Lidah Buaya: Fakta dan Cara yang Tepat

Penting untuk berhati-hati saat menggunakan pestisida dan pastikan area tersebut aman dari akses anak-anak atau hewan peliharaan. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat membantu mengendalikan populasi kamitetep di rumah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com